Komunitas

BECAK BABEL: Komunitas yang Peduli terhadap Lingkungan Hidup Khususnya Sampah

Perjalanan awal sangat sulit, kegiatan ini tidak mendapat dukungan bahkan dicemooh banyak orang. Itu karena pada awalnya mereka

BECAK BABEL: Komunitas yang Peduli terhadap Lingkungan Hidup Khususnya Sampah
ist/Becak babel
Kegiatan yang dilaksanakanBangka Environment Creative Activist of "KAWA" atau yang lebih dikenal dengan BECAK BABEL. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bangka Environment Creative Activist of "KAWA" atau yang lebih dikenal dengan BECAK BABEL, Komunitas ini dibentuk pada 30 November 2015 oleh sekumpulan remaja (mahasiswa dan pelajar) di Sungailiat yang peduli terhadap Lingkungan Hidup khususnya terkait Sampah.

Perjalanan awal sangat sulit, kegiatan ini tidak mendapat dukungan bahkan dicemooh banyak orang. Itu karena pada awalnya mereka mengumpulkan sampah-sampah masyarakat untuk dikelola sebagai sumber dana berkegiatan guna mendirikan Bank Sampah.

Pengagas, Pendiri,  sekaligus Ketua Umum Aktif (M. Arinda Unigraha Utama) atau akrab disapa Inong, mengatakan perjalanan itu terus mereka lewati, hingga saat ini BECAK BABEL telah memiliki Markas pengelolaan sampah yang dibangun secara mandiri, menjalin kemitraan dengan beberapa desa,sekolah,hingga instansi pemerintah.

“Untuk upaya pengelolaan sampah, bahkan saat ini telah "Go Nasional" dengan mendapat mandat sebagai komunitas Kolaborator Gerak untuk pelaksanaan HPS  di Bangka Belitung dari tim Indonesia bebas sampah,” ungkapnya kepada Bangkapos, Jumat (25/1/2019).

Tak hanya disitu, keseriusan itu dilanjutkan,  hingga pada 17 Januari 2018 telah resmi terdaftar sebagai perkumpulan berbadan hukum. Dan saat ini total pengurus ada 27 orang, Relawan aktif 233 orang dari lintas komunitas.

Beberapa kegiatan utama telah dilakukan seperti, Edukasi Masyarakat dan melakukan upaya kreatif dalam pengelolaan Sampah, mendirikan Bank Sampah Lestari, melakukan pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik berbasis ekonomi, lalu Kampanye Ecobrick, Pengelolaan Sampah Mandiri, Aksi Bersih Pantai Rutin dan audiensi rutin ke instansi-instansi dalam upaya pengelolaan sampah.

“Untuk saat ini,  Markas Utama (Sekretariat Becak Babel) yaitu berada di Rumah Kompos, Bank Sampah Lestari, Taman Persahabatan, Sungailiat, Bangka,” ungkap inong selaku Ketua Becak Babel.

Mereka pun menyabet beberapa prestasi dari daerah bahkan tingkat nasional yaitu :

-BECAK BABEL mewakili Bangka Belitung dalam Jambore Nasional Indonesia Bebas Sampah 2016 di Solo & 2017 di Aceh

- Juara 3 Organisasi Sosial terbaik tingkat propinsi kep. Babel 2017

Halaman
12
Penulis: Yudha Palistian
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved