Bahar Buasan Ajak Pelaku UMKM Digital Marketing Bisa Bersaing di Era Industri 4.0

Anggota DPD RI Bahar Buasan ingin pelaku UMKM, terutama industri rumahan memanfaatkan digital marketing untuk memperluas akses pasar

Bahar Buasan Ajak Pelaku UMKM Digital Marketing Bisa Bersaing di Era Industri 4.0
Bangkapos.com
Bahar buasan bersama pelaku UMKM dalam memasarkan produk 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI Bahar Buasan ingin pelaku UMKM, terutama industri rumahan memanfaatkan digital marketing untuk memperluas akses pasar. Bahar ingin UMKM lokal mendapatkan hasil yang maksimal.

“Sektor-sektor industri rumah tangga maupun sektor menengah keatas sekarang harus saling berkolaborasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Bahar Buasan.

Bahar mencontohkan, pasar modern yang ada di Babel mesti sudah mengekspansi pasar digital untuk memaksimalkan penjualannya. Sebab, menurutnya generasi saat ini sudah mulai menggandrungi online shop.

“Saya usul semua pasar modern di Babel bisa bekerjasama dengan startup digital, agar penjualannya tetap meningkat,” katanya

"Saya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan teknologi saat ini dalam setiap usaha masyarakat. Apalagi di era industri 4.0 ini kita mesti peka jika tidak usaha kita akan ketinggalan,” tambahnya.

Dalam bidang pertanian, lanjut Bahar Buasan, bisa dikembang menjadi bahan olahan setengah jadi. Dengan begitu, para petani akan mendapatkan nilai tambah dari produknya.

“Nilai tambah ini harus dikumpulkan di tempat gabungan kelompok tani, bukan di perusahaan besar. Jadi dari kelompok ini harus sudah jadi produk olahan seperti lada yang bisa masuk di minimarket, atau lebih bagus kelompok tani yang langsung memasarkan produk olahannya melalui internet,” ucapnya.

Anggota Komite II DPD RI, yang membidangi ekonomi kerakyatan ini juga mengharapkan agar pemerintah provinsi dapat bekerja sama dengan legislatif untuk mengembangkan ekonomi masyarakat di era industri 4.0 ini.

“Saya berharap pemerintah provinsi maupun daerah untuk kompak dan menjalin hubungan baik dengan DPRD. Agar bisa membangun ekonomi masyarakat di era industri 4.0 ini,” pungkasnya.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved