Satu Caleg Dapil Bateng Mundur Sebelum Ikut Tes CPNS di Pangkalpinang

Menurutnya, ketika sebelum melakukan pendaftaran CPNS, caleg tersebut sudah melakukan pengunduran

Satu Caleg Dapil Bateng Mundur Sebelum Ikut Tes CPNS di Pangkalpinang
Bangkapos/Yudha Palistian
?Kepala Seksi (Kasi) Pengadaan dan Pengangkatan, BKPSDM, Kota Pangkalpinang, Rahmad Arfani. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)  Kota Pangkalpinang menyebutkan satu calon legislatif mengundurkan diri karena diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Seksi (Kasi)  Pengadaan dan Pengangkatan,  Rahmad Arfani, kepada Bangkapos.com,  Selasa (29/1/2019) dikantornya.

Rahmad mengatakan satu caleg tersebut berasal dari Dapil Bangka Tengah serta  diterima sebagai CPNS di Pangkalpinang dengan tenaga pendidik atau Guru Sekolah Dasar (SD).

"Dari pihak partainya bernaung dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun sudah mengklarifikasi atas pengunduran caleg tersebut melalui Surat yang disampaikan kepada pihak kami," ungkapnya.

Menurutnya, ketika sebelum melakukan pendaftaran CPNS,  caleg tersebut sudah melakukan pengunduran diri karena terbukti dari tanggal yang diterbitkan Surat tersebut yakni tiga September 2018 lalu.

"Aturannya sudah jelas, bahwa CPNS tidak boleh menjadi anggota legislatif, apalagi mencalonkan diri sebagai caleg jadi konsekuensi sudah ada," jelasnya.

Larangan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pada pasal 23, dijelaskan pelamar rekrutmen CPNS tidak menjadi atau pengurus partai politik, atau terlibat politik praktis.

Rahmad menuturkan,  calon pelamar harus memilih salah satu. Jika ingin mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS, harus mengundurkan diri dari caleg.

Untuk persoalan ini, BKD sudah berkoordinasi langsung dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan tidak ada caleg yang mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS di lingkungan Pemerintah kota Pangkalpinang. (*)


Penulis: Yudha Palistian
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved