Bahar Buasan Dorong Pemuda untuk Meraih Pendidikan Setinggi-tingginya

Anggota DPD RI, Bahar Buasan memotivasi puluhan mahasiswa asal Babel. Ia mendorong pemuda Babel agar bisa mengecap pendidikan setinggi-tingginya

Bahar Buasan Dorong Pemuda untuk Meraih Pendidikan Setinggi-tingginya
Bangkapos.com
berdagang 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan memotivasi puluhan mahasiswa asal Babel. Ia mendorong pemuda Babel agar bisa mengecap pendidikan setinggi-tingginya.

Bahar juga menyampaikan, latar belakang keluarga yang kurang mampu jangan dijadikan alasan. Sebab modal yang paling utama dalam meraih pendidikan setinggi-tingginya adalah tekad dan kesungguhan hati.

"Dulu saya merasa mahasiswa yang paling miskin di dunia, tapi sekarang rasanya bahagia. Dulu kalau pagi jadi kenek tukang batu dan malam nimba ilmu, sekarang bisa jadi anggota DPD RI," kata Bahar yang mendapat tepuk tangan yang meriah dari mahasiswa yang hadir di Kampung dul, Bangka Tengah.

"Ini saya share karena ini penting, kalau libur saya buat kue untuk dijual buat kebutuhan sekolah saya dan saya tidak pernah meminta biaya kepada orang tua saya," lanjut Bahar Buasan.

Bahar Buasan juga mengatakan, beberapa pekan lalu dirinya juga sempat memotivasi calon penerima beasiswa negara di Senayan. Bahar Buasan juga ingin anak Babel mendapat pendidikan yang tinggi.

"Beberapa pekan lalu, saya juga mengisi seminar kepada ribuan alumni mahasiswa di Senayan. Ada belasan ribu orang yang mencari beasiswa di senayan," kata Bahar Buasan.

Penerima beasiswa juga dituntut kreatif kata Bahar, dirinya yang sudah beberapa kali mendapat beasiswa S2 memberikan pengalamannya mendapatkan beasiswa tersebut.

"Jadi artinya apa, kalau perlu beasiswa, kita perlu kreatif. Jadi jangan beranggapan bahwa harus punya IP Tinggi sekali dulu baru mendaftar beasiswa. Saya ini S2 juga dapat beasiswa, sekali lagi kalau jadi mahasiswa itu harus kreatif," ujar Bahar Buasan.

"Intinya harus berjuang, harus mencari dengan sungguh-sungguh, kita harus pelajari bagaimana caranya agar mendapat peluang itu," lanjutnya.

Bahar Buasan juga membagi tips dan trik secara garis besar kepada mahasiswa yang hadir. Cara yang disampaikannya tersebut telah ia lakukan sewaktu mendapatkan beasiswa semasa Ia kuliah.

"Bagaimana triknya? Sebelum orang lain memberi beasiswa kepada kita, pertama sekali kita harus tahu dulu apa yang bisa kita berikan kepada orang lain, apa yang yang bisa kita berikan kepada kemajuan bangsa dan negara kita ini," kata Bahar Buasan menutup pembicaraan.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved