Peduli Nasib Pemuda, Bahar Buasan Ajak Anak Muda Jauhi Pergaulan Bebas

Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengajak pemuda Babel untuk menjauhi pergaulan bebas

Peduli Nasib Pemuda, Bahar Buasan Ajak Anak Muda Jauhi Pergaulan Bebas
Bangkapos.com
Bahar Buasan dalam mengajak anak muda hindari pergaulan bebas 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengajak pemuda Babel untuk menjauhi pergaulan bebas. Kegiatan luang pemuda menurutnya dapat diisi dengan memperbanyak melakukan kegiatan yang positif.

"Semakin banyak kegiatan positif yang dilakukan pemuda maka perbuatan yang menyimpang seperti pergaulan bebas akan berkurang." ujar Bahar Buasan di desa Pulau Besar Bangka Selatan.

Pernyataan tersebut disampaikan Bahar karena melihat melihat kondisi anak muda yang melakukan pergaulan bebas dapat menyebabkan pernikahan dini.

Menurutnya sebagai generasi penerus, harus memiliki semangat perubahan yang baik serta kondisi mental yang baik pula.

"Sebagai generasi pengganti, Anak-anak muda kita harus memiliki mental yang baik. Bukan mental yang merusak dirinya sendiri," ujar Bahar Buasan.

Untuk itu, ia menyarankan agar pengawasan orang tua terhadap anak lebih dimaksimal saat anak keluar rumah.

Dijelaskannya pergaulan bebas yang berdampak pernikahan dini di antaranya terjadinya perceraian pada usia muda, bahaya terhadap kesehatan reproduksi yang belum siap, bisa menyebabkan kematian terhadap ibu dan bayi.

"Gizinya dia belum paham pada saat hamil maka dari itulah pernikahan dini bisa menyebabkan stunting (gizi buruk) nantinya. Salah satu penyebab stunting itu pernikahan dini karena orang tua tidak paham gizi untuk anaknya," kata Bahar.

Untuk itu, lanjut Bahar, dibutuhkan peran seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk mencegah pergaulan bebas dalam kehidupan anak muda sebagai generasi penerus bangsa.

"Saya mengajak semua pihak untuk peduli terhadap perkembangan anak muda di Babel ini. Banyak seharusnya kegiatan positif yang pemuda lakukan. Misal olah raga. Jangan sampai ada kesempatan anak-anak muda kita nongkrong-nongkrong dengan lawan jenis sampai larut," tutupnya.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved