950 Santri TPA dan TPQ Siap Ikuti Munaqosah Gratis

Terkait teknis pelaksanaan munaqosah, tahun ini ada beberapa perubahan bila dibandingkan tahun sebelumnya

950 Santri TPA dan TPQ Siap Ikuti Munaqosah Gratis
bangkapos/edwardi
H Iwan Setiawan., Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM  -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren sudah merampungkan beberapa persiapan pelaksanaan munaqosah santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) yang akan diselenggarakan 16-17 Februari 2019 mendatang,

Hal ini diungkapkan H Iwan Setiawan, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren sekaligus Ketua Panitia Munaqosah, Jumat (08/02/2019) di kantornya.

"Hingga hari terakhir pendaftaran, jumlah santri yang telah mendaftar untuk mengikuti munaqosah sebanyak 950 orang," katanya.

Ditambahkannya, untuk itu pihaknya telah mengadakan beberapa persiapan terkait pelaksanaan munaqosah dengan membentuk Tim Panitia dan Tim Munaqis (penguji) yang seluruhnya merupakan para pegawai, kepala seksi dan penyuluh Agama Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang.

“Untuk tahun ini, biaya Tim Panitia dan Tim Munaqis dibebankan kepada DIPA Ditjen Pendis Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, tidak dibebankan kepada santri, sehingga untuk pelaksanaan munaqosah ini santri tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Terkait teknis pelaksanaan munaqosah, tahun ini ada beberapa perubahan bila dibandingkan tahun sebelumnya, antara lain, Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren telah menerbitkan buku panduan munaqosah, sehingga lebih memudahkan para santri untuk mempelajari materi-materi yang diujikan.

"Pola penilaian sudah lebih terarah dan sistematis, sehingga memudahkan tim munaqis (penguji) dalam memberikan penilaian dan telah diterbitkan buku petunjuk teknis bagi Tim Panitia dan Tim Munaqis, sehingga dapat lebih memudahkan mereka dalam menjalankan tugasnya," jelasnya..

Diharapkannya, dengan matangnya persiapan yang telah dilakukan, agar pelaksanaan kegiatan munaqosah yang telah direncanakan dapat berjalan lancar tanpa halangan dan hambatan. (BANGKAPOS COM/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved