Kelompok Tani Desa Saing Mulai Gairah Tanam Ubi Casesa, Dibeli Pabrik Rp.1.500 per Kilogram

Ketua Kelompok Tani Desa Saing Sularso mengaku saat ini para petani khususnya di Desa Saing mulai kembali bergairah menanam ubi casesa.

Kelompok Tani Desa Saing Mulai Gairah Tanam Ubi Casesa, Dibeli Pabrik Rp.1.500 per Kilogram
bangkapos/nurhayati
Bupati Bangka Mulkan saat panen bersama ubi casesa program KSR, Jumat (8/2/2019) di lahan milik Kelompok Tani Desa Saing. 

BANGKAPOS.COM -- Ketua Kelompok Tani Desa Saing Sularso mengaku saat ini para petani khususnya di Desa Saing mulai kembali bergairah menanam ubi casesa. Apalagi sudah ada pabrik tapioka PT Sinar Baturusa Prima di Kecamatan Puding Besar dengan kapasitas 500 ton perhari, yang bisa menampung singkong panen petani.

Selain itu harga ubi casesa yang dibeli oleh pihak pabrik cukup tinggi Rp 1.400 hingga Rp 1.500 per kilogram.

Para petani juga mendapatkan dana bantuan pinjaman dari Bank Sumsel Babel melalui pembiayaan Kredit Singkong Rakyat (KSR) sebesar Rp 16 juta per hektar.

Pada kesempatan ini dia meminta agar pihak pabrik tapioka PT Sinar Baturusa Prima dapat menghapuskan potongan sebesar 12 persen dari singkong yang dijual oleh para petani kepada pihak pabrik.

"Sekarang ini pihak pabrik sudah memberikan harga yang lumayan tapi ada yang perlu saya sampaikan pihak pabrik atas potongan 12 persen sesungguhnya kami berat pak karena ini tanaman produk unggulan dalam program pemerintah. Mun pacak nol persen lah potongannya," pinta Sularso saat panen bersama ubi casesa program KSR, Jumat (8/2/2019) di lahan milik Kelompok Tani Desa Saing.

Dia juga menyampaikan aspirasi dari para petani agar jalan ke kebun petani ini bisa diaspal karena untuk jalan pokok produksi. Kondisi jalan mereka saat ini sulit dilalui karena masih jalan tanah puru yang saat hujan becek dan ketika kemarau berdebu.

"Harapan kami Pak Mulkan bisa memberi bentuk yang manis. Manis diberi Pak Mulkan, manis kurasakan sekaligus ku beri pulang. Kalaupun pahit yang diberi bapak, pahitlah yang ku bawa pulang," kata Sularso kepada Bupati Bangka Mulkan.

Namun dia yakin bupati memberikan hal yang termanis untuk masyarakat. Mereka juga berharap bantuan traktor dari Pemkab Bangka bisa menjadi hibah lepas untuk petani. (BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved