Hj Yulinar Berharap Lahan Reklamasi Jadikan Lahan Pertanian

Dirinya berharap kedepannya digencarkan pemanfaatan kembali lahan bekas reklamasi tambang timah untuk digunakan sebagai sektor pertanian.

Hj Yulinar Berharap Lahan Reklamasi Jadikan Lahan Pertanian
Bangkapos.com
Hj Yulinar silaturahmi dengan warga Belinyu 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Banyaknya lahan lahan eks tambang baik yang masih rusak maupun direklamasi namun kembali rusak mendapatkan perhatian dari Hj.Yulinar Caleg DPR RI Dapil Babel dari Partai Gerindra.

Dirinya berharap kedepannya digencarkan pemanfaatan kembali lahan bekas reklamasi tambang timah untuk digunakan sebagai sektor pertanian.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan kembali pekerjaan yang semula bergantung pada lahan tambang.

"Sektor tambang sumbernya semakin menipis dengan harga timah dunia tak menentu. Jangan sampai saat hasil tambang habis, masyarakat yang menggantungkan hidup dari tambang kelimpungan. Pertanian adalah solusinya dilahan eks tembang" ujar Hj.Yulinar dihadapan masyarakat Belinyu belum lama ini.

Ribuan hektar lahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami kerusakkan akibat penambangan timah.

Sejumlah kawasan yang dulunya menjadi kawasan hutan dan perkebunan mengalami kerusakan oleh tambang. Maka itu usaha sebagian masyarakat yang berusaha memanfaatkan lahan untuk disulap dari lahan krtisis menjadi lahan yang dapat ditanami harus mendapatkan dukungan.

Bagaimana agar lahan eks tambang bisa kembali ditanami dan produktif. Sehingga menjadi wilayah subur kembali. Salah satubya yang sudah pemanfaatan lahan bekas tambang menjadi lahan pertanian.

Hj.Yulinar telah memberikan contoh ke masyarakat desa-desa yang wilayahnya terdapat lahan pasca tambang, agar desanya direklamasi.

"Ini demi kepentingan masyarakat dengan memanfatkan lahan rusak akibat pertambangan menjadi lahan pertanian," kata Hj Yulinar.

Diharapkan dengan pemanfaatan lahan ks tambang menjadi lahan produktif menjadi solusi bagi Bangka Belitung akan ketergantungan terhadap hasil pertanian dari luar.

Halaman
12
Penulis: deddy_marjaya
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved