Pemprov Babel Ditargetkan Selesaikan 407 Temuan BPK

Itu temuan dari zaman dulu sampai sekarang, ada yang bahkan sudah belasan tahun totalnya ada 407 temuan

Pemprov Babel Ditargetkan Selesaikan 407 Temuan BPK
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Sekda Babel, Yan Megawandi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus segera menindaklanjuti 407 item temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang ditargetkan untuk selesai pada Februari ini.

407 temuan ini merupakan akumulasi dari temuan belasan tahun lalu yang juga belum kunjung selesai tindaklanjutnya.

Temuan ini terdiri dari administrasi dan kerugian negara, namun masih didominasi oleh administrasi.

"Itu temuan dari zaman dulu sampai sekarang, ada yang bahkan sudah belasan tahun totalnya ada 407 temuan. Itu sudah bertahun-tahun ada yang sudah dilakukan tapi belum memenuhi syarat untuk dikatakan tindaklanjut selesai," kata Sekda Babel, Yan Megawandi akhir pekan lalu.

Yan menyebutkan, tidak semua temuan harus diselesaikan dengan penyetoran keuangan, ada yang cuma surat teguran, ada yang cuma surat pernyataan.

Hingga saat ini, pihaknya telah menindaklanjuti lebih dari sekitar 200 temuan, namun tak dipungkirinya memang ada yang sulit terlacak lantaran sudah lama.

"Misalnya temuannya gini sekda menegur kepala dinas x dan kepala dinas x haru ls membuat surat pernyataan, nah yang seperti itu terlewatkan berkasnya udah enggak ada. jangan bayangkan 400 itu yang horor, sebagain besar itu masalah administrasi. Target kita untuk menyelesaikan secepatnya Februari ini kalau bisa," katanya.

Menurutnya, saat ini pihaknya memprioritaskan untuk menyelesaikan yang masih dalam waktu-waktu terlalu lama, sehingga masih dimungkinkan untuk ditelusuri.

"Kerugian megara yang dulu-dulu, orangnya susah dicari, ini juga kita minta pendampingan BPK supaya jangan sampai jadi beban ke depan baik bagi kita dan pemeriksa. Jangan sampai hal belasan tahun itu jadi beban kita dan beban siapapun yang akan menjalankan pemerintahan," ujarnya.

Dikatakannya, jika memungkinkan dan sesuai aturan yang berlaku, pihaknya akan berupaya untuk menyelesaikan ini.

"Kalau memungkinkan untuk kita selesaikan, kita selesaikan sesuai koridor misalnya dibuat berita acara setelah dilakukan investigasi tapi sesuai yang dipersyaratkan BPK," sebutnya.

Tak dipungkirinya, belum selesainya tindaklanjut temuan ini akan berdampak pada opini laporan keuangan pemprov Babel.

"ini akan mempengaruhi opini kita kalau enggak selesai, padahal komitmen Pimpinan dan kepala OPD sudah oke, supaya kita bisa dipertahankan Opini WTP," katanya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved