Ini Dia 3 Jenis Hunian yang Bakal Jadi Tren di Tahun 2019

Kecenderungan seseorang dalam membeli hunian, tak hanya mempertimbangkan aksesibilitas, dan lokasi, melainkan juga kualitas, dan jenis hunian.

Ini Dia 3 Jenis Hunian yang Bakal Jadi  Tren di Tahun 2019
freshome
Ruang Tamu Kecil, Lakukan 4 Cara Ini Agar Tampak Lebih Besar! 

BANGKAPOS.COM - Kecenderungan seseorang dalam membeli hunian, tak hanya mempertimbangkan aksesibilitas, dan lokasi, melainkan juga kualitas, dan jenis hunian.

Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung memprediksi, hunianmikro yang telah populer di Jepang bakal masuk ke pasar domestik.

Mahalnya harga lahan serta keterbatasan kemampuan anggaran masyarakat untuk membeli rumah, menjadi salah satu faktor pendukung.

Di samping itu, kultur masyarakat Indonesia yang masih enggan tinggal di apartemen juga ikut menjadi pendorong munculnya jenis- jenis rumah yang berbeda.

"Orang Indonesia itu kulturnya kalau enggak punya tanah, (sama saja) enggak punya properti. Itu kenapa apartemen masih tersandung-sandung, karena kulturnya masih mikir-mikir (tinggal di apartemen)," ucap Untung saat diskusi bertajuk 'Proyeksi Arah Properti 2019: Memanfaatkan Kesempatan untuk Bertahan di Tahun 2019' di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Rumah mikro yang akan dikembangkan, lanjut dia, memiliki luas di bawah 70 meter persegi.

Meski demikian, dari sisi kualitas masih jauh lebih baik ketimbang rumah sangat sederhana (RSS).

"Kalau kita lihat di Jepang itu banyak rumah-rumah kecil tapi secara kualitas bagus. Ini akan terjadi segera dan mulai ada beberapa developer yang masuk ke sana," sambung Untung.

Ruang Tamu Kecil, Lakukan 4 Cara Ini Agar Tampak Lebih Besar!
freshome
Ruang Tamu Kecil, Lakukan 4 Cara Ini Agar Tampak Lebih Besar!

Jenis hunian berikutnya yakni co-living. Meski belum tentu akan segera tenar, namun untuk jangka pendek jenis hunian ini patut untuk dipertimbangkan.

"Co-living adalah kamar-kamarnya sendiri-sendiri kayak ngekos, dapurnya publik untuk barengan, tapi tetap bayar, beli," kata dia.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved