Program Air Bersih Kementrian ESDM Sudah Sejak Tahun 2000

Seiring dengan keberhasilan program ini dalam mengentaskan permasalahan air berih di daerah sulit air

Program Air Bersih Kementrian ESDM Sudah Sejak Tahun 2000
Bangkapos/Antoni
Soerjaningsih disela sela menyerahkan bantuan sumur bor air bersih dan PJU TS, di balai desa Bencah, kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (14/2/2019) 

BANGKAPOS.COM,  BANGKA - Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi, Dra. Soerjaningsih, mengatakan program penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah sudah dimulai sejak awal tahun 2000.

Terhitung dari tahun 2005 s/d 2018 sebanyak 2288 unit sumur bor dapat dibangun untuk melayani kurang lebih 6,6 juta jiwa masyarakat daerah sulit air bersih yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Hal ini diungkaplan Soerjaningsih disela sela menyerahkan bantuan sumur bor air bersih dan PJU TS,  di balai desa Bencah,  kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan,  Kamis (14/2/2019).

Adapun kapasistas unit sumur bor yang dibangun memiliki spesifikasi teknis kedalaman 70 hingga 100 m, dengan debit rata-rata 1,8 liter/detik.

Dengan konstruksi pipa besi galvanis diamater 6 inchi, pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 10 kVA, menggunakan pompa selam (submersible) 2,99 PK, dan dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa, dan bak penampungan air berkapasitas 5000 liter

" Seiring dengan keberhasilan program ini dalam mengentaskan permasalahan air berih di daerah sulit air, Kementerian ESDM berupaya terus menambah anggaran program ini agar dapat menjangkau masyarakat di daerah sulit air yang lebih banyak," ujar Soerjaningsing.(*)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved