VIDEO: Hingga Maret Curah Hujan di Bangka Belitung Masih Tinggi

Hampir setiap hari wilayah Babel khususnya Pangkalpinang turun hujan, mulai dari intensitas rendah sampai intensitas tinggi.

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Hampir setiap hari wilayah Babel khususnya Pangkalpinang turun hujan, mulai dari intensitas rendah sampai intensitas tinggi.

Kepala seksi data dan informasi BMKG Klas I Pangkalpinang membenarkan hal tersebut. Kurniaji menjelaskan jika menurut historis yang ada, musim hujan di wilayah kepulauan Babel biasanya terjadi di bulan November-Maret.

"Jika kita melihat secara historis dan data yang ada, daerah di wilayah kepulauan Babel musim hujan masih akan terjadi hingga penghujung Maret 2019" ujar Kurniaji (15/2) saat ditemui dikantornya.

Dari ke tujuh wilayah Babel. Untuk wilayah yang paling banyak curah hujannya adalah wilayah Belitung dan Muntok Bangka Barat.

Menurut data BMKG di wilayah Belitung jumlah curah hujan di bulan Oktober saja sudah mencapai 470 sedangkan puncaknya berada di angka 520 pada bulan Desember.

Sedangkan di wilayah Muntok sendiri, puncak musim hujannya ada pada bulan Desember dengan jumlah 615 perbulan.

Kurniaji menambahkan jika untuk wilayah perairan, tinggi ombak masih dikisaran 0,25 - 1,25 meter. Sehingga untuk kapal-kapal transportasi yang relatif besar masih tetap aman untuk beraktifitas.

Namun untuk nelayan yang menggunakan perahu kecil, pasti akan mengalami sedikit kesulitan.

Maka Kurniaji mengingatkan kepada para nelayan yang akan beraktifitas. Harap selalu waspada dan berhati-hati, serta tidak memaksakan diri mencari ikan jika cuaca dirasa tidak kondusif.

"Kepada nelayan yang ingin beraktifitas harap tidak memaksakan diri, jika dirasa cuaca tidak bagus dan ombak tinggi. Karena dengan meningkatnya curah hujan dan kecepatan angin akan mempengaruhi tinggi gelombang"

Kurniaji juga berpesan kepada masyarakat yang ingin berwisata, ke pantai juga agar selalu berhati-hati dan waspada.

Dan jika ada yang membawa anak kecil harap selalu dalam pengawasan orang tua. (BANGKAPOS/MUHAMMAD RIZKI)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved