Perayaan Imlek di SMP Maria Goretti, Memadu Budaya Merajut Harmoni Mengikis Perbedaan

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Maria Goretti menyelenggarakan perayaan Imlek, Sabtu (16/2/2019) di Halaman Sekolah Katolik tersebut.

Perayaan Imlek di SMP Maria Goretti, Memadu Budaya Merajut Harmoni Mengikis Perbedaan
(nurhayati/bangkapos.com)
Kepala SMP Maria Goretti Kristiawan Triwardana saat menyampaikan sambutan pada acara Imlek Fiesta Maria Goretti 2019, Memadu Budaya Merajut Harmoni Mengikis Perbedaan, Sabtu (16/2/2019) di Halaman SMP Maria Goretti. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Sekolah Menengah Pertama (SMP) Maria Goretti menyelenggarakan perayaan Imlek, Sabtu (16/2/2019) di Halaman Sekolah Katolik tersebut.

Perayaan Imlek dengan tema Imlek Fiesta Maria Goretti 2019, Memadu Budaya Merajut Harmoni Mengikis Perbedaan ini dilaksanakan selama dua hari dari Jumat (15/2/2019) hingga Sabtu (16/2/2019).

Kegiatan ini diisi dengan mengelar lomba menghias kelas, menghias angpao, membuat lampion dan acara puncaknya berupa pementasan seni, lomba karaoke, fashion show Imlek dari tingkat TK hingga SMP, lomba menghias nasi tumpeng hingga penampilan Barongsai Bodhi Dharma Shaolin.

Menurut Kepala SMP Maria Goretti Kristiawan Triwardana, perayaan Imlek diadakan pihak sekolah karena mayoritas di sekolah tersebut merayakan Imlek.

"Dalam kegiatan yang diadakan sekolah yang memang sekolah Katolik maka yang kami adakan adalah acara Natal, Tahun Baru dan Paskah. Kami merefleksikan warga sekolah ini yang mayoritas merayakan Imlek. Kami coba membuat acara bersama karena menyadari mayoritas merayakan Imlek maka agenda tahun ini mengadakan perayaan Imlek dalam skala yang besar," jelas Kristiawan.

Menurutnya, perayaan hari besar keagamaan ini dilakukan bergiliran oleh pihak sekolah dimana tahun lalu diadakan perayaan Paskah, tahun 2019 perayaan Imlek, tahun 2020 diadakan tahun Natal dan Tahun Baru dan tahun yang akan datang diadakan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Hal ini sesuai tema yang diusung yakni Memadu Budaya Merajut Harmoni Mengikis Perbedaan.

"Kita menyadari berasal dari latar belakang yang berbeda maka dari itu kita mencoba merajut sebuah harmoni sehingga perbedaan-perbedaan yang ada di antara kita semua warga sekolah dan masyarakat benar-benar tidak ada. Semangat itu kita mulai dari lingkup yang paling kecil yakni sekolah hingga ke masyarakat," ungkap Kristiawan.

Untuk itu pihak sekolah Maria Goretti ingin menanamkan nilai-nilai makna pentingnya toleransi, melibatkan orang tua dan masyarakat dalam dunia pendidikan, serta memberikan wadah kepada para anak-anak didik untuk menunjukan bakat dan prestasinya.

"Pendidikan anak tidak hanya dibebankan pada sekolah saja tetapi ada bersinergi ada harmoni antara orang tua siswa, masyarakat dan guru-guru," kata Kristiawan.

Untuk itu ia menyampaikan terima kadih atas dukungan orang tua/wali murid, para sponsor dan donatur hingga panitia yang telah mendukung suksesnya perayaan Imlek di SMP Maria Goretti.

(BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Tags
Imlek
Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved