Tahun Ini Pemprov Babel Salurkan Rp 1,2 Miliar Untuk Bantuan Alat Tangkap Nelayan

Diutamakan kepada nelayan tradisonal, total anggarannya dari semua bantuan itu Rp 1,2 miliar

Tahun Ini Pemprov Babel Salurkan Rp 1,2 Miliar Untuk Bantuan Alat Tangkap Nelayan
Bangkapos/irakurniati
Kapal-kapal nelayan yang bersandar di dermaga Ketapang, Kamis (24/1/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Kelautan akan mengucurkan bantuan bagi nelayan senilai Rp 1,2 miliar tahun 2019.

Bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 ini diberikan kepada koperasi nelayan di tujuh kabupaten/kota yang telah mengajukan proposal dan dinyatakan layak untuk menerima.

Jenis bantuan yang akan diberikan yakni, jaring kepiting 450 pieces, bubu kepiting 400 unit, kawat bubu 150 gulung, mesin tempel 15 PK 20 unit, GPS 17 unit, dan jaring udang 400 pieces.

"Diutamakan kepada nelayan tradisonal, total anggarannya dari semua bantuan itu Rp 1,2 miliar," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap dinas Kelautan Perikanan Babel, Sopiar akhir pekan lalu.

Tahun ini pemprov Babel tidak melakukan pengadaan kapal, pasalnya masih mengevaluasi pengadaan kapal tahun 2018 lalu.

"Ada yang mengajukan untuk kapal, tapi tahun ini tidak ada karena kita masih mau evaluasi bantuan kapal yang kita berikan tahun lalu apakah betul-betul dimanfaatkan sesuai kebutuhan koperasi," katanya.

Sopiar menjelaskan, calon penerima bantuan ini telah diverifikasi pihaknya dan akan diserahkan sekitar bulan September nanti.

"Koperasi yang mendapatkan ini sudah 1 tahun yang lalu mengajukan, lalu direkomendasikan kabupaten/kota, setelah itu kami verifikasi lapangan dan validasi data, hasil verifikasi nanti baru diputuskan layak atau tidaknya," jelasnya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved