Bahar Buasan: Kemajuan Industri Pangan Mampu Sejahterakan Petani

Adanya pendirian industri pangan, menurutnya hal tersebut mampu mengurangi angka pengangguran di Babel.

Bahar Buasan: Kemajuan Industri Pangan Mampu Sejahterakan Petani
Bangka Pos
Bahar Buasan bersama petani cabai di Toboali 

BANGKAPOS.COM -- Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengatakan tingkat pengangguran di Babel semakin meningkat akibat tidak adanya sektor baru yang mmapu menampung tenaga kerja. Dengan adanya pendirian industri pangan, menurutnya hal tersebut mampu mengurangi angka pengangguran di Babel.

"Masih banyak potensi lapangan kerja karena belum digali. Misalnya di sektor pangan, pertanian kelautan. Harus kita dorong, apalagi ada tema besar dunia soal krisis pangan. Ini belum intensif kita kembangkan," kata Bahar Buasan.

Gagasan tersebut dilontarkan Bahar Buasan bukan tanpa alasan. Berdasarkan pengalamannya, sektor pangan diyakininya akan terus menerus di perlukan oleh masyarakat.

"Kenapa pangan? Karena ini suatu kebutuhan primer yang diperlukan secara kontinu. Industri pengolahan pertanian ini harus dibangun. Kita di Babel masih ada masalah pangan seperti beras, gula dan lainnya. Kita punya potensi yang belum digali, saya masih optimis, potensi daerah kita masih besar‎," ujarnya.

Selain menyerap tenaga kerja, industri pangan menurut Bahar juga mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab, memudahkan petani dalam mengolah hasil panennya.

"Apalagi saat ini mayoritas petani hanya menjual raw material ke para tengkulak. Belum beralih bagaimana mengolah hasil pertanian itu. Maka perlu dukungan dan bimbingan juga dari pemprov maupun pemda agar petani kita bisa sejahtera dan menyerap tenaga kerja lainnya," tukasnya.

Bahar Berharap, dengan adanya industri pengolahan dan dengan adanya pelatihan yang di berikan oleh pemprov kepada petani, dapat meningkatkan skill petani agar dapat lebih sejahtera.

"Yang kita harapkan saat ini bagaimana petani mempunyai kemampuan untuk mengolah hasil pertaniannya agar dapat meningkatkan harga barang mereka. Mudah-mudahan dengan begitu akan tercipta lapangan kerja baru dan petani kita bisa semakin sejahtera," pungkas senator kelahiran Pangkalpinang itu.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved