Kriminal Nusantara

Delapan Rumah Dilalap Api, 248 Hektare Hutan dan Lahan di Bangka Terbakar

Pada Tahun 2018 lalu, ada 105 kasus kebakaran. Kebakaran tersebut masing-masing 96 kasus kebakaran hutan

Delapan Rumah Dilalap Api, 248 Hektare Hutan dan Lahan di Bangka Terbakar
Bangkapos/Ferylaskari
Ahmad Fauzi, Kabid Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Satpol PP Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tahun 2018 lalu, ditemukan 105 kasus kebakaran. Kebakaran tersebut melanda hutan dan lahan perkebunan, termasuk rumah warga di Kabupaten Bangka.

Sehingga diharapkan Tahun 2019 ini, musibah serupa dapat ditekan. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Kantor Satpol PP Bangka Dalyan Amrie diwakili Kabid Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Ahamd Fauzi, Selasa (19/2/2019).

"Pada Tahun 2018 lalu, ada 105 kasus kebakaran. Kebakaran tersebut masing-masing 96 kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),  satu kasus kebakaran gardu listrik PLN, dan delapan kasus kebakaran rumah warga. Kebakaran yang terjadi tersebar di beberapa titik di Kabupaten Bangka," kata Fauzi.

Khusus kasus Karhutla, Fauzi menyebutkan, ratusan hutan dan lahan yang dilalap api. Lahan dan hutan tersebut tersebar di beberapa titik.

"Dari kebakaran itu total hutan dan lahan yang terbakar sekitar 248,75 hektare di Kabupaten Bangka, tersebar di berbagai kecamatan. Kalau rumah delapan unit yang terbakar pada Tahun 2018," katanya.

Fauzi berharap pada Tahun 2019, angka kebakaran ini bisa ditekan. Oleh karena itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Badan Metrologi dan Geofisika dalam hal memantau cuaca.

"Tentu ada data dari Badan Metrologi dan Geofisika.akan diketahui cuaca hujan atau panas. Namun biasnya rawan kebakaran terjadi pada musim kemarau, Juli, Agustus September," katanya. 

Tahun 2019, Personil Pemadam Kebakaran Pol PP Bangka akan lebih meningkatkan kewaspadaan atau siaga.

Apalagi jumlah personil sudah bertambah sehingga optimalisasi pemadaman api akan lebih baik.

"Tahun 2019 ini, sebagaimana tahun sebelumnya kita kita selalu siap siaga sehingga saat kebakaran kita tampil prima. Tahun kemarin kita hanya punya 18 personil, Tahun 2019 ini sejak Januari  lalu kita 33 personil atau satu pleton, terdiri tiga regu," katanya.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved