Tips Populer

Pengen Coba Pasang Lampu HID? Wajib Tahu Dulu Satuan Kelvin Pembeda Cahaya

Lampu HID (High Intensity Discharge) punya beberapa pilihan warna cahaya, perbedaan cahaya bisa dilihat dari spek atau satuan Kelvin.

Pengen Coba  Pasang Lampu HID? Wajib Tahu Dulu Satuan Kelvin Pembeda Cahaya
xenondepot.com
Ilustrasi lampu HID dan ballast 

BANGKAPOS.COM - Lampu HID (High Intensity Discharge) punya beberapa pilihan warna cahaya, perbedaan cahaya bisa dilihat dari spek atau satuan Kelvin. 

Belum banyak orang tahu, pemilihan bohlam HID ternyata wajib disesuaikan dengan kondisi jalan agar hasil cahaya bisa maksimal.

"Pancaran atau suhu warna lampu HID itu diukur dengan satuan Kelvin. Semakin tinggi Kelvinnya maka warna lampu HID akan semakin berwarna putih kebiru-biruan," buka Hariza Yazidi, owner Light Corner.

"Namun masih ada yang menyangka kalau semakin tinggi nilai Kelvinnya, berarti lampu HID akan semakin bagus penerangannya. Padahal enggak begitu," lanjut Hariza Yazidi.

Karakteristik lampu HID dibedakan berdasarkan Kelvin (K).

Misalnya lampu HID dengan 8.000 K punya karakteristik warna lampu putih kebiru-biruan, sedangkan 6.000 K warnanya lebih ke putih susu.

"Kalau lampu HID kekuningan warnanya itu 3.000 K," tambahnya lagi.

Memang benar lampu HID dengan warna putih cocok buat jalanan ibukota seperti Jakarta.

"Tapi ketika ketemu hujan atau kabut sedikit, cahaya putih enggak mampu buat menembusnya," ujar pria yang akrab disapa Hari ini.

"Alangkah lebih baik disesuaikan dengan kondisi jalanan dan penggunaan lensa projector (projie) agar enggak bikin silau pengendara lainnya," pungkasnya.

Untuk perjalanan dalam kota atau komuter yang sebagian besar punya fasilitas lampu jalanan yang mumpuni, bisa menggunakan lampu HID di atas 6.000 K atau yang berwarna putih.

Sedangkan untuk perjalanan jauh seperti turing yang harus melewati jalan pegunungan atau hujan-hujanan disarankan untuk menggunakan lampu HID yang berwarna kuning atau 3.000 K.

Sumber Berita

Editor: tidakada016
Sumber: Otomotif Net
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved