Breaking News:

Snapdragon X55, Modem 5G Baru Qualcomm yang Juga Dukung 4G

Generasi kelima dari jaringan telekomunikasi seluler atau yang biasa disebut dengan 5G, tepatnya 5G NR, sebentar lagi akan mulai tersedia....

Dok. Qualcomm
Qualcomm Snapdragon X55 tidak hanya mendukung 5G NR dengan berbagai frekuensi, melainkan juga generasi 

BANGKAPOS.COM - Generasi kelima dari jaringan telekomunikasi seluler atau yang biasa disebut dengan 5G, tepatnya 5G NR, sebentar lagi akan mulai tersedia secara komersial dan massal di sejumlah negara. Salah satu modem yang bisa digunakan smartphone untuk melakukan koneksi 5G NR ini adalah Qualcomm Snapdragon X50.

Namun. Qualcomm Snapdragon X50 hanya mendukung 5G NR. Modem tersebut tidak mendukung 4G, 3G maupun 2G.

Qualcomm sebagai perusahaan yang terus berinovasi pun terus melakukan pembaruan dengan meluncurkan modem 5G NR baru yang telah mendukung generasi sebelumnya. Qualcomm Snapdragon X55 yang baru diumumkan itu mendukung 2G, 3G, 4G, dan 5G NR.

"Qualcomm Technologies mengujungtombaki gelombang pertama dari peluncuran 5G dengan generasi pertama platform mobile 5G kami. Dengan evolusi yang signifikan dalam hal kemampuan dan kinerja, generasi kedua modem 5G komersial kami adalah sebuah bukti nyata dari kematangan dan kepemimpinan teknologi 5G kami. Kami berharap platform 5G kami untuk mengakselerasi momentum komersial 5G dan menenagai hampir semua peluncuran 5G di 2019 sambil secara signifikan memperluas area penyebaran 5G secara global," ujar Cristiano Amon (President, Qualcomm Incorporated).

Seperti sebelumnya Qualcomm Snapdragon X55 juga mendukung frekuensi 5G NR di bawah 6 GHz maupun frekuensi tinggi yang biasa disebut mmWave. Kecepatan downlink maksimal yang didukungnya diklaim sebesar 7 Gbps, sedangkan kecepatan uplink maksimal yang didukungnya adalah sebesar 3 Gbps.

Adapun untuk 4G LTE, Qualcomm Snapdragon X55 mendukung Cat 22. Kecepatan downlink maksimal yang didukung Qualcomm Snapdragon X55 saat beroperasi dalam mode LTE diklaim sebesar 2,5 Gbps, sedangkan kecepatan uplink maksimalnya sebesar 316 Mbps.

Qualcomm Snapdragon X55 dibuat menggunakan technology node 7 nm. Modem ini dirancang untuk mendukung aneka frequency band yang populer serta mode TDD dan FDD.

Dengan dukungan 2G sampai 5G NR-nya, produsen smartphone bisa menggunakan Qualcomm Snapdragon X55 saja sebagai modem dari produknya. Sebelumnya dengan Qualcomm Snapdragon X50 hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Pasalnya untuk mendapatkan dukungan 4G LTE dan generasi sebelumnya, smartphone bersangkutan harus memanfaatkan modem lain, misalnya modem yang terintegrasi pada Soc Qualcomm Snapdragon 855 yang digunakan.

Dengan kata lain, Qualcomm Snapdragon X55 bisa memudahkan produsen dalam mengimplementasikan 5G NR.

 SUMBER : https://infokomputer.grid.id/read/121642606/qualcomm-umumkan-snapdragon-x55-modem-5g-baru-yang-juga-dukung-4g

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved