Gubernur Babel Keluarkan Instruksi Ini Untuk Kurangi Sampah Plastik

Ini program yang direncanakan oleh pak gubernur sebagai solusi permasalahan sampah

Gubernur Babel Keluarkan Instruksi Ini Untuk Kurangi Sampah Plastik
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala DLH Babel, Eko Kurniawan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman telah mengeluarkan instruksi gubernur nomor 120/0093.9/DLH/2019 tanggal 31 jan 2019 tentang pengurangan sampah anorganik di lingkungan pemprov Babel.

Adapun isi instruksi tersebut diantaranya ialah melaksanakan kegiatan rapat/sosialisasi /bimbingan teknis/pelatihan dan kegiatan sejenisnya diharapkan dalam penyediaan makan dan minum tidak menggunakan kemasan plastik satu kali pakai.

Kedua, menggunakan kertas kerja secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan kertas bekas sebagai draft kertas kerja.

Ketiga, melakukan pembinaan terhadap kantin/warung makan dilingkungan perkantoran untuk mengurangi penyediaan makanan yang menggunakan kemasan berbahan plastik satu kali pakai.

Keempat, menyediakan sarana pemilah sampah untuk jenis organik dan anorganik serta memilah dan mengumpulkan sampah tersebut dalam kemasan berbeda.

Kelima, melakukan penyetoran sampah yang dapat di daur ulang kepada bank sampah induk dan menjadi nasabah bank sampah yang telah ditunjuk oleh pemerintah daerah dengan kontak person dinas lingkungan hidup.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Babel, Eko Kurniawan mengatakan instruksinya juga diberikan kepada instansi vertikal dengan Surat Gubernur Nomor : 660/0105/DLH tanggal 8 feb 2019 perihal pengurangan sampah anorganik kepada Kantor Instansi Vertikal di Provinsi Babel.

Eko menyebutkan, pihaknya sebelumnya telah mengeluarkan Edaran kepala Dinas LH provinsi nomor 660/074/DLH/2019 tanggal 7 januari 2019 tentang himbauan pengurangan timbulan sampah anorganik di Lingkungan Dinas LH.

"Ini program yang direncanakan oleh pak gubernur sebagai solusi permasalahan sampah," katanya, Kamis (21/2/2019).

Ia berharap, instruksi Gubernur ini dapat tindaklanjuti OPD maupun instansi vertikal, sehingga pengurangan sampah plastik akan semakin berkurang. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved