Kurangi dan Tangani Sampah Pemprov Babel Optimalkan TPS 3R

Dalam arahan tadi Menteri menekankan keseriusan pemerintah pusat dan daerah terhadap pengurangan dan

Kurangi dan Tangani Sampah Pemprov Babel Optimalkan TPS 3R
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala DLH Babel, Eko Kurniawan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Eko Kurniawan mengatakan dalam Peringatan Hari Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2019 ada beberapa hal serius yang dibahas diantaranya ialah tentang penanganan dan pengurangan sampah.

Ia menyebutkan, berdasarkan pertemuan yang berlangsung dalam Peringatan Hari Sampah Nasional ada beberapa upaya untuk pengurangan sampah yakni melalui program pembatasan timbulan sampah, pendauran ulang sampah dan pemanfaatan kembali sampah.

Sedangkan untuk penanganan sampah dilakukan melalui program pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir.

"Dalam arahan tadi Menteri menekankan keseriusan pemerintah pusat dan daerah terhadap pengurangan dan penanganan sampah," kata Eko, Kamis (21/2/2019).

Ia menyebutkan, untuk Babel, pihaknya melakukan upaya untuk memaksimalkan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) pada sumbernya, ini dilakukan bersama kabupaten/kota sebagai upaya mengurangi dan menangani permasalahan persampahan.

DLH akan mengoptimalkan pembinaan kelompok TPS 3R yang sudah dibangun di masing-masing kabupaten/kota agar proses 3R betul-betul terjadi pada tingkat rumah tangga.

"Kita juga harus terus berupaya untuk sosialisasi kepada masyarakat, sekolah, instansi untuk pengelolaan sampah," sebutnya.

Disinggung soal sampah plastik, ia menyebutkan sumber sampah plastik masih banyak ditemukan di darat. Sehingga, perlu ketegasan dalam bentuk regulasi untuk mengatur mengurangi sampah plastik.

"Sampah plastik sebagian besar datang dari darat juga. Pemkab/Pemkot harus punya rencana aksi terkait hal ini, misalnya salah satunya tertuang dalam kebijakan kepala daerah dalam bentuk perda/perkada," katanya.

Menurutnya, Pemrpov Babel juga akan segera membuat aturan ini. Bahkan Gubernur telah membuat edaran untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved