VIDEO: Pemadam dan Relawan Berjibaku Daki Gunung Padamkan Kebakaran Lahan

Kebakaran lahan kembali terjadi di Kota Samarinda. Pada Kamis (21/2/2019) hari ini telah terjadi empat kali kebakaran lahan di lokasi

BANGKAPOS.COM, SAMARINDA - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kota Samarinda. Pada Kamis (21/2/2019) hari ini telah terjadi empat kali kebakaran lahan di lokasi yang berbeda-beda.

Kebakaran lahan hari ini terjadi di jalan Mugirejo, Belimau, kawasan Lempake Tepian dan Perum Korpri Sambutan.

Terkait dengan kebakaran lahan yang terjadi di jalan Mugirejo, Gang Assa'adah, RT 18, Sungai Pinang, petugas pemadam, bersama unsur relawan, serta warga sekitar harus dibuat bersuyah payah untuk memadamkan api.

 Pasalnya lokasi titik api berada di puncak gunung, dengan kondisi medan yang masih dipenuhi oleh pepohonan, serta semak belukar.

"Medannya menanjak karena titik api ada di atas gunung. Ini termasuk lahan yang belum terjamah, jadi untuk sampai ke atas harus menembus semak belukar berdiri dan pepohonan," ucap Dwi Purwanto, Koordinator Posko 7 damkar Kota Samarinda, Kamis (21/2/2019).

Beruntung, tepat dikaki gunung terdapat sejumlah kolam yang airnya dapat dimanfaatkan untuk memadamkan api.

"Hari ini tidak hanya satu tempat ini, tapi ada beberapa lokasi lainnya yang juga terjadi kebakaran lahan," jelasnya.

Lanjut dia menjelaskan, cuaca panas yang melanda Samarinda dalam beberapa hari terakhir ini diduga jadi salah satu sebab terjadinya kebakaran lahan.

"Setiap hari panas terus, salah satunya karena cuaca. Untuk kawasan Mugirejo ini termasuk wilayah rawan terjadi kebakaran lahan," ujarnya.

Terpisah, Kepala Damkar Kota Samarinda, Nursan mengungkapkan, pihaknya siaga 24 jam dalam penanganan maupun antisipasi terjadinya kebakaran lahan. "11 posko yang ada siap siaga dengan armada yang juga siap digunakan," tegasnya.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved