Berita Pangkalpinang

Ingin Buat Paspor di Kantor Imigrasi Pangkalpinang, Jangan Lupa Bawa Berkas-berkas Ini!

Dalam pembuatan paspor ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mendatangi kantor Imigrasi kelas I Pangkalpinang, Bangka Belitung

Ingin Buat Paspor di Kantor Imigrasi Pangkalpinang, Jangan Lupa Bawa Berkas-berkas Ini!
Bangkapos/Putrie Agusti Saleha
paspor indonesia tampak depan 

BANGKAPOS.COM - Paspor adalah sebuah dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh kantor Imigrasi apabila seseorang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri.

Perjalanan tersebut dapat berupa liburan, bisnis, berobat, ibadah umroh/haji dan lain sebagainya.

Dalam pembuatan paspor ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mendatangi kantor Imigrasi kelas I Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Saat ini, nomor antrian untuk pembuatan paspor sudah tidak lagi diambil ketika anda tiba di kantor imigrasi lagi, namun, anda diwajibkan mengambil antrian secara online melalui applikasi antrian paspor yang bisa didownload melalui apple store dan play store atau bisa langsung klik di https://antrian.imigrasi.go.id/.

Setelah mendownload aplikasi tersebut, isilah form pendaftaran aplikasi dengan benar dengan memasukkan nama, email, nomor KTP, nomor handphone, alamat dan password untuk aplikasi tersebut.

Kemudian, cek email untuk memverifikasi akun aplikasi tersebut. Setelah melakukan verifikasi dan berhasil login, anda akan diminta untuk memilih kantor imigrasi mana yang berada di dekat anda dan yang akan anda tuju.

Lalu, pilih tanggal kapan anda akan datang ke kantor imigrasi dan tentukan jamnya. Dan anda sudah berhasil mendapatkan nomor antrian untuk membuat paspor.

Setelah melewati proses pendaftaran online tersebut, anda diwajibkan datang ke kantor imigrasi kelas I Pangkalpinang dalam waktu yang telah ditentukan sebelumnya dengan membawa berkas-berkas sebagai berikut:

1. Kartu tanda penduduk yang sah dan masih berlaku;
Kartu keluarga;
2. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis;
3. Surat izin dari instansi yang berwenang bagi yang akan bekerja di luar negeri;
4. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
5. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama.

Anda juga diwajibkan mempersiapkan 1 map kuning dan membawa pulpen berwarna hitam karena anda akan diminta mengisi formulir ketika anda tiba di kantor imigrasi.

Halaman
12
Editor: ediyusmanto
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved