Padi Sawah Melimpah di Desa Tuik, Beras Merah Andalan Masyarakat

Desa Tuik Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung cukup terkenal di wilayahnya dengan hasil padi sawah.

Padi Sawah Melimpah di Desa Tuik, Beras Merah Andalan Masyarakat
Bangka Pos
Padi sawah di Desa Tuik Kecamatan Kelapa 

BANGKAPOS.COM - Desa Tuik Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung cukup terkenal di wilayahnya dengan hasil padi sawah yang melimpah setiap tahunnya.

Sebagian dari warganyapun telah menikmati hasil padi tersebut, mereka menjual hasil sawahnya kepada masyarakat yang membutuhkannya.

"Satu kilo sekitar Rp 14 ribu atau Rp 15 ribu untuk beras merah warga jual," ungkap Kades Tuik, Sudrajat.

Bapak dua anak ini menyebutkan, saat ini ada sekitar 300 Hektare (Ha) sawah di desanya.

Pengelolaannya dilakukan masyarakat setempat. Satu kepala keluarga mendapatkan lahan 1 Ha.

Biasanya mereka bercocok tanam setiap tahun sekali, dilakukan secara bergotong royong antar sesama.

"Sekarang baru setahun sekali warga nanam padi, jenis padinya asli dari desa dengan dua macam yakni beras merah dan putih. Kendala terbesar saat nanam padi ini adalah ketika musim penghujan, banjir, karena irigasinya tidak ada, selain itu pengemasan jika sudah mulai dipasarkan, karena hal teraebut akan menjadi daya terik tersendiri," ungkapnya.

Sebetulnya kata Sudrajat, padi sawah merupakan salah satu potenis yang potensial kedepannya, selain itu pengembangan kepiting soka hingga hutan mangrove, ada juga pembuatan gula aren serta madu kelulud.

"Pengembangannya saat ini masih secara mandiri dan tradisional, rencana kedepannya akan menjadi agar bisa dikembangkan dengan skala yang besar dan luas," ujarnya.

Menurutnya, tahun ini fokus pembangunan desanya dibidang pembangunan dan pemberdayaan, untuk menunjang usaha tani akan dibangun jalan pertanian, ada juga sumur bor, pos kamling, pembatas desa dan lain-lain.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved