Berita Pangkalpinang

Setelah Puskesmas Tamansari, Tahun Ini Giliran Puskesmas Melintang Akan Dibangun

Tahun 2019 ini, gedung baru untuk Puskesmas Melintang akan dibangun. Ini disampaikan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen)

Setelah Puskesmas Tamansari, Tahun Ini Giliran Puskesmas Melintang Akan Dibangun
BANGKA POS / DEDY Q
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) menandatangani prasasti peresmian gedung baru Puskesmas Tamansari, Senin (25/2/2019). 

BANGKAPOS.COM - Tahun 2019 ini, gedung baru untuk Puskesmas Melintang akan dibangun. Ini disampaikan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) saat meresmikan Puskesmas Tamansari, Senin (25/2/2019).

"Tahun ini akan dikerjakan juga untuk Puskesmas Melintang. Satu lagi akan dibangun seperti ini. Terus, di 2020, kita kejar juga, mudah-mudahan di tujuh kecamatan, semua puskesmasnya sudah seperti ini," kata Molen.

Selain berharap dapat dibantu oleh Pemerintah Provinsi, Molen mengatakan pihaknya akan mengejar DAK pusat untuk keperluan membangun puskesmas ini.

"Agar diturunkan ke kami. Kami kejar di 2020 seluruh puskesmas yang ada di Pangkalpinang ini harus berubah, minimal seperti ini," katanya.

Puskesmas Tamansari dibangun menggunakan dana sekitar Rp4,2 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Bangunan memiliki dua lantai dan dilengkapi dengan fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

"Ini bukti bahwa sebetulnya Pangkalpinang bisa, asal mau menarik dana dari pusat sana, untuk membantu kita di kesehatan.

Molen berharap seluruh fasilitas kesehatan di Pangkalpinang diikuti dengan pelayanan yang prima. Dia juga mengaku pernah mendapatkan laporan warga melalui pesan Whatsapp.

"Gedung bagus, alat kesehatan nanti sudah oke, kalau tidak dibarengi pelayanan yang baik, ini juga belum maksimal," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Pangkalpinang Ristum Alamsyah mengatakan gedung baru Puskesmas Tamansari merupakan relokasi Puskesmas Taman Sari di Jalan Balai.  Sebelumnya gedung puskesmas lama sering terkena banjir.

"Februari 2016 lalu puskesmas di Jalan Balai terkena banjir dengan ketinggian hampir setengah bangunan terendam air," kata Ristum.

Ristum menyebut pihaknya juga telah mengusulkan lokasi pembangunan gedung baru Puskesmas Melintang. Puskesmas Melintang yang akan dibangun nantinya disebut merupakan cikal bakal puskesmas rawat inap.

"Sudah disetujui bapak wali kota, karena Puskesmas Melintang saat ini sudab sempit dan merupakan bangunan lama dan merupakan eks gedung sekolah," katanya. (BANGKAPOS.COM / dedyqurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved