Bambang Patijaya: Barongsai Bangka Punya Filosofi yang Erat Dengan Masyarakat

Bambang Patijaya (BPJ) turut hadir dalam gelaran turnamen cabang olahraga seni barongsai di Baturusa, Minggu (24/2).

Bambang Patijaya: Barongsai Bangka Punya Filosofi yang Erat Dengan Masyarakat
Istimewa
Bambang Patijaya (BPJ) turut hadir dalam gelaran turnamen cabang olahraga seni barongsai di Baturusa, Minggu (24/2). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ajang turnamen cabang olahraga seni barongsai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) secara resmi dilehat di Baturusa, Kabupaten Bangka, Babel.

Perlombaan seni tradisional barongsai tersebut diikuti oleh 19 peserta, yang tersebar dari wilayah Pulau Bangka.

Pembina Perkumpulan Barongsai Babel, Bambang Patijaya (BPJ) mengatakan bahwa dalam ajang perlombaan para atlet barongsai yang mengikuti kejuaraan barongsai di Desa Baturusa ini.

"Saya apresiasi kepada panitia pelaksana, Tim Penyelenggara Extra Josss atas terlaksananya turnamen barongsai yang berlangsung meriah," ujarnya kala diwawancarai di Baturusa, Bangka, Minggu (24/2) sore.

Bambang juga mengaku terkesan dengan adanya turnamen barongsai, karena memiliki filosofi yang erat dengan masyarakat.

"Kita tau bagaimana filosofi barongsai ini sangat tinggi, bisa memberikan inspirasi bagi kita semua. Selain memberi hiburan, penampilan barongsai juga sarat filosofi yang erat, membentuk keharmonisan bagi hidup manusia," ungkapnya.

Kemudian lanjut dia tentunya barongsai ini perlu dilakukan dengan energik, memerlukan tenaga sesuai dengan temanya minuman suplemen kesehatan Extra Joss.

"Kami senang bisa menghadiri turnamen ini. Saya juga bersyukur acara bisa terlaksana, semoga dapat kita nikmati dan menjadi hiburan bagi kita semua," kata Bambang.

Berdasarkan laporan banyak masyarakat yang hadir jauh-jauh dari Muntok, Trubus, Toboali, Pangkalpinang, Belinyu dan daerah lainnya. Tentu, ini menunjukkan bahwa olahraga barongsai memang sudah memasyarakat di pelosok Pulau Bangka.

"Mudah-mudahan turnamen barongsai ini berjalan baik dan lancar, yang mana para atlet dapat bertanding dengan maksimal dan mengeluarkan semua kemampuannya," tandas tokoh pemuda Babel yang kerap disapa BPJ tersebut.

Sementara Koordinator Penyelenggara Event Extra Joss Barongsai Babel Indianto mengemukakan ajang turnamen barongsai ini merupakan event tahunan dimulai dari tahun 2017.

"Barongsai ini merupakan suatu kesenian yang indah dan bagus, banyak makna yang terkandung," ia menuturkan.

Diharapkan adanya event ini kita semuanya bisa membaur. Terimakasih kepada para peserta dan seluruh masyarakat yang juga telah datang meramaikan acara ini secara bersama.

"Semoga acara ajang turnamen barongsai ini bisa menjadi event tahunan di area wilayah Bangka Belitung, dan ke depannya menjadi event yang lebih besar lagi," harap Indianto bersemangat. (wan)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved