VIDEO: Pemerintah Dituntut Profesional OPD Wajib Tandatangan Pernyataan Komitmen

Seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga para camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka menandatangani

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga para camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka menandatangani pernyataan komitmen kepala OPD untuk meningkatkan maturitas penyelenggaran Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Selasa (26/2/2019) di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat.

Penandatanganan komitmen tersebut dilakukan dihadapan Bupati Bangka Mulkan, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Babel Faisal dan Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Babel Widhi Widayat.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan penandatangan pernyataan komitmen tersebut untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif dan efisien, terpecaya melalui penyelenggaraan SPIP. Hal ini sesuai dengan visi Bangka Setara yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berbasis teknologi.

Mulkan mengakui, pada era globalisasi ini menuntut pemerintah untuk lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder dan khususnya kepada masyarakat.

Salah satu indikatornya pemerintah dapat memberikan keyakinan atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan.

Hal ini dapat dicapai dengan penerapan SPIP secara tepat.

Diungkapkannya, terlepas dari keberhasilan pemerintah yang telah diraih selama ini masih terdapat persoalan-persoalan baik langsung maupun tidak langsung.

Persoalan tersebut diantaranya sering dipertanyakan akuntabilitas dan kinerja, pelayanan publik yang belum maksimal, indeks persepsi korupsi (IPK) yang masih rendah, penyimpangan dan perkeliruan yang dilakukan pejabat publik baik yang bersifat tindak pidana korupsi maupun kesalahan dalam pengambilan keputusan.

"Kondisi ini memerlukan evaluasi sesuai perannya baik antar jajaran pemerintah dan stakeholder terkait, salah satunya adalah dengan melakukan koordinasi dan sinergisitas antara Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan aparat penegak hukum," tegas Mulkan.

Oleh karena itu ia menyambut baik adanya penandatangan pernyataan komitmen para kepala OPD untuk meningkatkan maturitas penyelenggaran SPIP pada Pemkab Bangka. (BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved