Budayawan Puji Kepedulian Bahar Buasan Terhadap Budaya Lokal

Harapan saya, melalui Pak Bahar memberikankan suatu kontribusi kepada yang lain untuk membantu

Budayawan Puji Kepedulian Bahar Buasan Terhadap Budaya Lokal
Bangkapos
Budayawan apresiasi Bahar Buasan karena mensuport acara kebudayaan di Bangka 

BANGKAPOS.COM--Kehadiran Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan ke acara kegiatan kebudayaan Sijuk (berjalan diatas bara api dan mandi minyak panas) di Bangka Tengah disambut dukungan budayawan.

Bahar Buasan dipuji sebagai sosok yang pedulia gelaran budaya.

Tokoh budaya, Suhu Rudi menilai, Bahar Buasan tokoh daerah yang peduli terhadap pelestarian kebudayaan dan bersedia mendukung kegiatan kebudayaan yang ada di bumi serumpun sebalai tersebut.

"Pak Bahar sangat perhatian terhadap kegiatan ini. Pak Bahar juga berasal dari Kayu Besi ini dan beliau juga mendukung acara ini," kata Rudi.

Ia sempat berdialog bersama Bahar Buasan atas keprihatinannya akan budaya-budaya bangsa yang kian tergerus oleh zaman dan invasi budaya-budaya asing.

Beberapa hari sebelum kegiatan diadakan Ia kerap mengajak pemuda sekitar untuk terlibat di acara kebudayaan tersebut, tapi akan menjadi berat jika tidak dibarengi dengan dukungan pemerintah.

"Harapan saya, melalui Pak Bahar memberikankan suatu kontribusi kepada yang lain untuk membantu memberikan suatu penyuluhan,

penerangan kepada masyarakat yang lain atau kepada pimpinan daerah agar membantu setiap ada kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan kebudayaan dan keagamaan seperti ini," lanjut Rudi.

Mendengar harapan itu, Bahar Buasan lantas mengimbau pemerintah Provinsi maupun daerah untuk turun tangan, menggalakkan wisata Budaya lokal.

"Acara kebudayaan seperti ini perlu nya ada campur tangan pemerintah di dalam membuat kebijakan-kebijakan yang bisa menguatkan acara-acara seperti ini, baik dalam bidang perizinan maupun dalam bidang mendatangkan dukungan," ujar Bahar Buasan.

"Sehingga acara seperti ini biayanya juga bisa terbantu baik dari pemerintah maupun dari masyarakat, karena tidak semuanya bisa mengandalkan pemerintah.

Pemerintahan dapat berperan sebagai komunikator, menjadi mediator dan menjadi fasilitator untuk mendukung kegiatan festival kebudayan ini," lanjutnya.

Melihat meriahnya acara atraksi berjalan diatas bara api dan mandi minyak dalam acara festival budaya itu, Bahar Buasan optimis kegiatan wisata budaya bisa menjadi sebuah harapan untuk mendatangkan wisatawan.

"Sebuah pariwisata tanpa budaya saya kira kurang maksimal. Dengan alam Bangka Belitung yang begitu luar biasa, didukung oleh wisata alam, wisata religius, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata sosial, begitu juga dengan wisata budaya ini menjadi penguatan pariwisata, menuju Bangka Belitung Sejahtera," pungkas senator asal Bangka Belitung itu.(*)

Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved