Public Service

Satlantas Berikan Surat Teguran Sebelum Lakukan Penindakan Hukum

Surat teguran sama halnya seperti surat tilang yang diberikan oleh petugas, hanya yang membedakan pelanggar tidak dikenakan biaya tilang.

Satlantas Berikan Surat Teguran Sebelum Lakukan Penindakan Hukum
Bangkapos/irakurniati
Kasat lantas Polres Pangkalpinang, AKP Nicodemus Brahmana 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala satuan lalulintas Polres Pangkalpinang, AKP Nicodemus Brahmana, menuturkan, pihak kepolisian lalu lintas mulai hari ini, Rabu (27/2/2019) telah memberlakukan surat teguran bagi pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Surat teguran sama halnya seperti surat tilang yang diberikan oleh petugas, hanya yang membedakan pelanggar tidak dikenakan biaya tilang.

"Instruksi Kapolda, jadi sekarang lebih ditekankan untuk pemberian surat teguran, baru lakukan penindakan. Itu pun dilihat bentuk pelanggarannya seperti apa, misalnya tidak memiliki spion atau anak sekolah yang tidak memakai helm, bisa diberikan surat teguran. Namun dengan catatan melihat kondisi pelanggarannya seperti apa." kata Nico, Rabu (27/2/2019).

Dia menuturkan, pemberian surat teguran ini juga dilihat dari pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan. Bila pengendara melakukan pelanggaran yang fatal dan ada unsur kesengajaan, maka akan tetap dilayangkan dengan surat tilang dan diberikan denda.

Berlakunya surat teguran untuk meminimalisir angka melayangnya jumlah surat tilang yang dikeluarkan untuk mengevaluasi pelanggaran di wilayah Pangkalpinang.

Nico menyebutkan, bila dikemudian hari pelanggar yang pernah diberikan surat teguran masih berurusan dengan pelanggaran lalu lintas, maka tidak akan segan-segan diberikan surat tilang, karena polisi memiliki rekap bukti peneguran.

"Kami akan memberikan banyak teguran tentunya. Tidak hanya mengedepankan tindakan hukum melalui sistem tilang. Saya juga menekankan pada anggota untuk mengedepankan senyuman kepada pengguna jalan raya. Kita kan selaku petugas memang harus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dari hal kecil saja dengan memberikan senyuman saat bertugas di jalan raya. Sesuai dengan komitmen kota Pangkalpinang saat ini, kota beribu senyuman," pungkas Nico.

(Bangkapos/ira kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved