Berita Pangkalpinang

Kadis PUPR Pangkalpinang Sebut Banjir Kemarin Karena Masalah Lingkungan

Jadi itulah actionnya lurah. Mudah-mudahan dengan dana kelurahan yang Rp1 miliar lebih dari Pemkot itu, nanti jangan lagi ada masalah

Kadis PUPR Pangkalpinang Sebut Banjir Kemarin Karena Masalah Lingkungan
BANGKA POS/ DEDY QURNIAWAN
Kepala Dinas PUPR Pangkalpinang Suparlan Dulaspar 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pangkalpinang Suparlan Dulaspar mengatakan, banjir yang terjadi di sejumlah titik di Pangkalpinang pada Kamis (28/2/2019) kemarin difaktori oleh persoalan lingkungan.

Banjir disebabkan oleh sampah dan drainase yang mampet.

"Ini masalah lingkungan," kata Suparlan di Rumah Dinas Wali Kota, Jumat (1/3/2019).

Dia bilang, penanganannya perlu melibatkan kelurahan sekitar titik banjir. Perlu kepedulian berbagai pihak termasuk masyarakat terkait ini.

"Jadi itulah actionnya lurah. Mudah-mudahan dengan dana kelurahan yang Rp1 miliar lebih dari Pemkot itu, nanti jangan lagi ada masalah itu. Kan nanti ada personel yang mengurus itu nanti (satgas kebersihan kelurahan)," ucapnya.

Suparlan mengatakan, ada sejumlah titik-titik baru banjir di Pangkalpinang. Hasil peninjuan pihaknya, titik tersebut misalnya dapat terlihat di Airitam.

"Gorong-gorong buntu, mampet, tidak bisa nyebrang airnya. Salurannya kacau balau, sama saja isinya. Kayak di Airitam. Kemudian ada daerah resapan air yang ditimbun lalu dibangun rumah," beber Suparlan.

Suparlan mengakui bahwa banjir masih terjadi di daerah-daerah yang selama ini memang terkenal sebagai daerah langganan banjir. Kampung Bintang contohnya.

Namun, dia mengklaim durasi banjir sudah tidak selama banjir-banjir sebelumnya.

"Kampung Bintang itu berkaitan masalah saluran, masalahnya ada di saluran Kumpai. Alirannya dari Kampung Melintang masuk ke Subur, lalu menuju Pasar Kaget, kemudian alirannya zigzag, jadi airnya tidak by pas,"ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved