Berita Pangkalpinang

TNI-AL Babel Pertama se-Indonesia Deklarasi Zona Integritas

Deklarasi yang diadakan Pangkalan TNI-AL Babel perlu gerakan yang menyeluruh dan kami mengundang pihak terkait agar menyatukan komitmen

TNI-AL Babel Pertama se-Indonesia Deklarasi Zona Integritas
Istimewa
Pangkalan TNI-AL Babel melaksanakan pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) di ruang Pasir Padi kantor Gubernur Babel, Kamis (28/2/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Pangkalan TNI-AL Babel menjadi yang pertama se-Indonesia dalam melaksanakan pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) di wilayahnya.

Hal ini di deklarasikan bersama instansi terkait di ruang Pasir Padi kantor Gubernur Babel, Kamis (28/2/2019).

“Deklarasi yang diadakan Pangkalan TNI-AL Babel perlu gerakan yang menyeluruh dan kami mengundang pihak terkait agar menyatukan komitmen bersama," ujar Komandan TNI-AL Babel,  Letkol Laut (P) Mohammad Taufik dalam rilisnya, Jumat (1/3/2019).

Taufik menjelaskan pihaknya mendatangkan 175 orang dalam kegiatan ini. “Yang hadir saat ini tidak sampai setengah karena posisi mereka ada di pos-pos.  Ada tiga pos di Bangka dan dua pos lagi di Belitung, " jelasnya. 

Dirinya berharap semoga dalam pencanangan ini Pangkalan Lanal Babel bisa dijadikan contoh pangkalan-pangkalan Lanal lainnya. 

"Semoga kita bisa mencapai zona integritas ini sesuai dengan perintah komando kita dari angkatan laut dan menjadi contoh pangkalan lain. 

Karena mengawali itu yang paling susah. Mereka tinggal mengikuti kita dan Insya Allah kalau kita berhasil mereka bisa mengikuti kita, " tegas Taufik.

Pihaknya juga memastikan jika saat ini perairan laut di Babel aman dari kapal-kapal asing yang hendak mencuri hasil tangkapan laut di wilayah teritorialnya.

"Kalau wilayah perairan Bangka Induk, Bangka Selatan,  Bangka Barat dan Bangka Tengah saat ini wilayah tersebut relatif cukup aman dari kapal-kapal asing yang ingin mencuri ikan di perairan kita. Nelayan Babel lebih aman dibandingkan dengan nelayan dari Tanjung Pinang dan Batam provinsi lebih rawan, " ungkapnya. 

Selain itu, dirinya juga berterima kasih kepada pihak terkait yang sudah ikut menjaga perairan Babel. “Kami sendiri berterima kasih dengan adanya Polair Polda Babel, KKP bisa menjaga keamanan hingga bisa kondusif apalagi menjelang pemilu 2019," tambahnya.

Taufik juga memastikan TNI-AL sudah bekerja keras berpatroli sepanjang tahun di perairan perbatasan menghalau kapal-kapal asing yang masuk contohnya kapal dari Vietnam, Thailand dan Malaysia.

“Dengan penjagaan ketat yang  dilakukan ini, maka nelayan kita harus lebih lama melaut. Jika hasil tangkapan banyak bisa menambah penghasilan buat keluarga mereka. Intinya mereka harus berkerja keras, jangan sampai hanya sekedar untuk kebutuhan hidup sehari-hari saja, " imbuhnya. 

Kegiatan deklarasi ZI ini dilaksanakn sejalan dengan Peraturan Presiden nomor 10 Tahun 2012 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Pemerintah, yang mempunyai target utama yaitu peningkatan kapasitas akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, dan peningkatan pelayanan publik.

Hadir pula pihak dari Kakanwil Kemenkumham Babel,  Kepala BNNP,  KSOP Pangkalbalam,  Dirjen Pajak,  Polair Polda Babel dan instansi terkait lainnya yang berkaitan dengan perbendaharaan negara, keuangan dan akutabilitas. (BANGKAPOS.COM/AJIE GUSTI)

Penulis: Ajie Gusti Prabowo
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved