Berita Pangkalpinang

Tahun Depan Dinas Pertanian Babel Bakal Bagi-bagi Bibit Ayam Merawang

Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan rencananya kawasan ini akan dijadikan sentra peternakan ayam merawang.

Tahun Depan Dinas Pertanian Babel Bakal Bagi-bagi Bibit Ayam Merawang
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Juaidi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun depan akan membagikan bibit ayam merawang bagi rumah tangga di kawasan Pelempang sebagai uji coba tahun depan.

Satu rumah tangga sasaran akan mendapatkan 15 ekor bibit ayam merawang, selain untuk memenuhi kebutuhan pangan rencananya kawasan ini akan dijadikan sentra peternakan ayam merawang.

"Tahap pertama ada 500 bibit dulu, ini kita jadikan induk dulu, nanti menetas baru kita bagikan ke masyarakat. Satu rumah sasaran nanti dapat 15 ekor bibit dulu," kata Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi akhir pekan lalu.

Juaidi menyebutkan, rumah tangga sasaran yang akan mendapatkan ini merupakan rumah tangga kurang mampu.

"Pertama kita utamakan masyarakat sekitar balai benih dulu, agar mereka bisa merasakan manfaatnya dan lebih gampang konsultasi dan pengawasannya, terutama yang dikawasan Pelempang," katanya.

Untuk memelihara ayam merawang memang perlu penanganan khsusus, meski gampang bertelur namun tingkat pengereman ayam ini terbilang cukup sulit.

"Satu ekor ayam telurnya bisa sampai 25 butir, tapi dia enggak cepat mengeram seperti ayam pada umumnya. Makanya nanti kalau mau pengeraman dibawa ke balai benih biar jadi semakin banyak," sebutnya.

Kedepan, Ia berharap Pelempang ini menjadi sentra untuk peternakan ayam merawang. Bibit ayam ini akan diberikan secara bergulir.

"Tahun depan baru pertama, kita mulai mengklusterkan sentra-sentranya. Misalnya Pelempang ayam Merawang. Nanti daerah mana lagi, jadi kalau orang mau bibitnya, mau belajar beternaknya datang kesitu," katanya.

Dengan adanya klusterisasi produk-produk pertanian dan peternakan, maka kebutuhan pangan di Babel akan bisa dipasok dari dalam daerah.

"Ada banyak manfaatnya, ketika misalnya kita kasih bibit ayam lokal kita ayam merawang, itu mengurangi beban rumah tangga untuk beli ayam dan ini bisa jadi peternakan juga," katanya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati) 

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved