Ahmadi Sopyan Kokohkan Karakter Budaya Khas Bangka Belitung Lewat Bahasa Daerah

Bahasa itu adalah cerminan sebuah bangsa dan budaya. Indonesia memiliki kekayaan ragam bahasa daerah

Ahmadi Sopyan Kokohkan Karakter Budaya Khas Bangka Belitung Lewat Bahasa Daerah
Bangkapos
Ahmadi Sopyan Kokohkan Karakter Budaya Khas Bangka Belitung Lewat Bahasa Daerah 

BANGKAPOS.COM--Tokoh pemuda Bangka Belitung (Babel), Ahmadi Sopyan mengungkapkan karakter dan ciri khas suatu daerah dapat dikokohkan lewat nilai kebudayaan, khususnya bahasa daerah.

Ia mengatakan, bahasa merupakan cerminan suatu bangsa dan daerah. Bahasa daerah disebutnya sebagai bagian dari kebhinekaan setiap suku serta masyarakat Indonesia.

"Bahasa itu adalah cerminan sebuah bangsa dan budaya. Indonesia memiliki kekayaan ragam bahasa daerah sebagai karakter dan ciri khas setiap daerah," kata Ahmadi Sopyan saat ditemui di Pangkalpinang.

Ahmadi Sopyan yang juga maju mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil Babel ini menyampaikan perlunya pemberian edukasi bahasa daerah kepada para generasi muda.

Dia menilai ragam bahasa setiap daerah di Indonesia memiliki tingkatan serta filosofi hasil nilai kekayaan budaya masyarakat yang dilestarikan sejak lama.

"Kita berharap bahasa-bahasa daerah ini, yang juga adalah bahasa ibu, harus benar-benar diajarkan kepada generasi muda. Jangan sampai generasi muda itu tidak mau menggunakan bahasa daerahnya," ujar Ahmadi.

"Setiap bahasa daerah di Indonesia memiliki nilai dan filosofi. Ini harus diajarkan sejak anak-anak," jelasnya.

Lebih lanjut, pemuda yang kerap disapa Atok Kulop ini menyoroti terkikisnya penggunaan bahasa yang baik dan benar oleh para generasi muda, terutama lewat penggunaan media sosial.

"Buku bacaan terutama untuk anak-anak dan generasi muda harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Generasi muda mesti diberikan edukasi literasi agar dapat menggunakan bahasa yang sopan serta mempunyai nilai tata krama," tandas Ahmadi Sopyan.(*)

Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved