Berita Pangkalpinang

Jelang Kampanye Pemilu, Percetakan di Pangkalpinang Raup Keuntungan Lebih

Jelang kampanye pemilu 2019, jasa percetakan di Pangkalpinang raup keuntungan hingga 50 persen dari hari biasanya.

Jelang Kampanye Pemilu, Percetakan di Pangkalpinang Raup Keuntungan Lebih
bangkapos/Yuranda
Alamina Percetakan dan Advertising di Jl. Kh. Abdurrahman siddik /Jl. RRI No. 17 Pangkalpinang 

BANGKAPOS. COM – Jelang kampanye pemilu 2019, jasa percetakan di Pangkalpinang raup keuntungan hingga 50 persen dari hari biasanya.

Mina (35), pemilik Alamina Percetakan dan Advertising di Jl. Kh. Abdurrahman siddik /Jl. RRI No. 17 Pangkalpinang, mengaku omzet meningkatkan 50 persen jelang kampanye pemilu 2019.

Berbagai alat praga kampanye (APK) yang dipesan, seperti spanduk/baliho, stiker, kalender, mug, dan kartu nama.

Namun yang paling banyak yang dipesan yakni cetak kartu nama dan spanduk.

Dibandingkan dengan tahun 2014, untuk pendapatan omzet tahun 2019 ini tergolong menurun, lantaran sudah banyaknya percetakan baik lokal maupun luar pulau bangka.

“Kalau sekarang dibandingkan tahun-tahun lalu termasuk kurang, kalau dulu peningkatan omzet cukup tinggi,” ujarnya, Senin (4/3/2019).

Pemesanan pun meliputi perorangan, serta perpartai lantaran agar desain dalam satu partai selaras, dan untuk saat ini ada sekitar lima partai yang telah bekerjasama dengan  pihak percetakan kami.

Lain halnya dengan Nofa Percetakan di Jl. Mentok No.14, Melintang, Rangkui, Pangkalpinang, yang menerima cetakan kartu nama, spanduk, stiker dan kalender, hanya dapat meraup omzet kurang dari 50 persen.

Zia (26) satu di antara pegawai Nofa Percetakan saat di temui bangkapos mengatakan, saat ini untuk percetaakan alat peraga kampanye (APK) cenderung kurang, karena sudah banyak tempat atau konveksi untuk percetakan tersebut.

"Untuk tahun ini cenderung menurun dibandingkan tahun kampanye tahun 2014, kita saat ini sudah banyak saingan dengan yang lain, untuk sekarang kami mengerjakan hanya beberapa saja," ujar Zia, Senin (4/3/2019).

Ia menjelaskan untuk harga spanduk dengan ukuran paling besar 3x3 M dihargai Rp 180.000, dan spanduk berukuran kecil 50x50 cm seharga Rp 5.000.

(Bangkapos/Yuranda/R6)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved