Berita Pangkalpinang

Kepala BKPSDM Babel Beberkan Alasan Kenaikan Gaji Honorer Pemprov Babel

Penyesuaian ini di antaranya karena beberapa tahun belakangan memang tidak ada kenaikan gaji, harga barang yang semakin meningkat

Kepala BKPSDM Babel Beberkan Alasan Kenaikan Gaji Honorer Pemprov Babel
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Babel, Sahirman Jumli. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahirman Jumli mengatakan kenaikan gaji honorer ini berdasarkan beberapa penyesuaian.

Penyesuaian ini di antaranya karena beberapa tahun belakangan memang tidak ada kenaikan gaji, harga barang yang semakin meningkat, dan mempertimbangkan kenaikan TPP ASN pemprov, serta kemampuan keuangan daerah. 

"Ini tergantung kemampuan keuangan daerah, paling tidak, tidak terlalu jauh dengan UMP, kita enggak bisa menyentuh UMP karena terlalu tinggi.  Yang penting ada penyesuaian naik lah sekitar Rp 300-400 ribu," kata Sahirman, Senin (4/3/2019).

Ia menyebutkan, saat ini jumlah honorer Babel ditambah dengan rekrutmen yang dilakukan sebanyak 3.500 orang.

Sahirman menjelaskan, kenaikan gaji tenaga honorer ini diperkirakan akan mulai pada April mendatang. Ia menyebutkan, untuk tenaga honorer gajinya sama rata tidak ada perbedaan.

"Sementara honorer pukul rata gajinya, tidak memandang pendidkan, lama bekerja, yang dilihat kinerja. Nanti PHL itu sampai 2024 tidak ada lagi semuanya harus di P3K an. Maka kepada honorer meningkat kompetensi ketika ada formasi P3k siap untk bersaing dan tes karena pola tes management diatur oleh BKN. Daerah hanya menganggarkan," katanya.

Disinggung soal anggaran untuk rekrutmen P3K, pihaknya akan mengupayakan itu jika nantinya akan kembali dibuka oleh pemerintah provinsi.

"Kita selalu siap nanti kalau tahun depan P3K dibuka lagi untuk umum berapa formasi yang kita butuhkan. Kalau menurut penduduk kita yang 1,4 juta minimal ada 7000 ASN dengan perbandingan 1:200. L Kalau digabungkan dengan sekitar 3500 an honorer ASN kita ada 5000 an ini sudah lebih," kata Sahirman 

Disinggung kenapa baru dilakukan di April, Sahirman menyebutkan ini berdasarkan pertimbangan kemmapuan keuangan daerah.

"Enggak dirapel bayarnya kalau ada kenaikan, kalau untuk PHL di ABT bulan Juli mulai berlaku, tapi kalau bisa april sudah mulai," katanya.

Ia berpesan, dengan meningkatknya gaji honorer ini, kinerja juga harus ditingkatkan. Jangan lagi ada yang tidak serius bekerja.

"Terjadi peningkatakn tambahan peningkatakn penganggaran. Ini juga harus dimbangin kinerja para honorer, jangan begawe begaya jangan pakai rok, sendal tinggi, hp lah tiga. Begawe yang bener karena ada evaluasinya," katanya.

(BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved