Berita Pangkalpinang

Universitas Terbuka Pangkalpinang Gaungkan Instansi Asuh untuk Babel Samahsaja

Universitas Terbuka Pangkalpinang melaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) tetap mencanangkan gerakan Babel Satu Rumah Minimal Satu Sarjana

Universitas Terbuka Pangkalpinang Gaungkan Instansi Asuh untuk Babel Samahsaja
Istimewa
Direktur UPBJJ-UT Pangkalpinang Hasmonel 

BANGKAPOS.COM -- Universitas Terbuka Pangkalpinang disela sela melaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) tetap mencanangkan gerakan Babel Satu Rumah Minimal Satu Sarjana (Babel Samahsaja).

"Gerakan Babel Samahsaja ini salah satu Cara UT membantu Program Pemerintah Provinsi Kep Babel dalam meningkatkan Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi," jelas Hasmonel Direktur UPBJJ-Universitas Terbuka Pangkalpinang.

Menurut Hasmonel untuk dapat mensukseskan gerakan ini perlu kontribusi semua stakeholder atau pemangku kepentingan di Provinsi Kepulauan Babel.

"Kita mengharapkan semua pemamgku kepentingam ikut mensukseskan gerakan Babel Samahsaja ini. Kalau hanya UT saja apalah artinya, karena UT merupakan bagian kecil institusi pendidikan di Babel, " kata
Hasmonel.

Lebih lanjut Hasmonel mengatakan gerakan Babel Samahsaja sudah disosialisasikan disetiap kegiatan UT Pangkalpinang sudah berjalan hampir satu tahun tetapi gaungnya belum begitu menggema.

Dijelaskan Hasmonel, untuk dapat menyukseskan gerakan ini perlu langkah-langkah strategis ,antara lain dihidupkannya kembali gerakan orangtua asuh.

Satu keluarga rumah mampu membantu satu masyarakat miskin untuk kuliah.

Hasmonel mengumpamakan bila ada 200 orang kaya dan masing-masing membantu satu anak untuk kuliah, maka akan ada 200 orang sarjana.

Ditambahkan Hasmonel, bahwa cara lain yaitu mengembangkan instansi asuh, bila 7 pemerintah kabupaten dan kota masing memiliki 20 SKPD, maka akan ada 140 anak yang kurang mampu bisa kuliah.

"Disamping itu Kami juga mengupayakan mencarikan beasiswa misalnya bidik misi dan CSR. Tahun lalu di UT ada 25 mahasiswa menerima beasiswa bidik misi dan 25 orang penerima beasiswa CSR. "jelasnya.

Dalam rangka itu pula UT juga membangun kerja sama (MoU) dengan berbagai pihak kata Hasmonel. Saat ini sudah cukup banyak MoU yang dilakukan yaitu dengan Gubernur, Bupati Beltim, UBB, Polman Bangka Belitung dan lainnya. (rya)

Penulis: agusrya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved