Berita Sungailiat

VIDEO : Syarat Jadi Kepala Sekolah Wajib Dapat NIK Kepsek

Pasalnya kepala sekolah wajib lulus dalam mengikuti diklat penguatan sebagai kepala sekolah sehingga memperoleh nomor NIK kepala sekolah.

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengingatkan kepala sekolah tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kabupaten Bangka agar mengikuti pelatihan dan pendidikan penguatan kepala sekolah tahun 2019 ini.

Pasalnya kepala sekolah wajib lulus dalam mengikuti diklat penguatan sebagai kepala sekolah sehingga memperoleh nomor NIK kepala sekolah.

Syarat tersebut berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2018 tentang tugas guru sebagai kepala sekolah. 

"Peraturan menteri menyebutkan bahwa kepala sekolah yang sedang menjabat dan belum memiliki surat pendidikan tanda tamat atau belum memiliki nomor NIK kepala sekolah wajib mengikuti dan lulus dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan penguatan sebagai kepala sekolah sehingga memperoleh nomor NIK Kepala Sekolah," jelas Syahbudin saat membuka. 

Diklat Penguatan Kepala Sekolah tahun 2019 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka menggelar, Senin (4/3/2019) di Hotel ST 12 Sungailiat.

Kepala sekolah hanya diberikan kesempatan untuk mengikuti kembali pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah sebanyak dua kali.

"Diklat ini diadakan agar para peserta pendidikan dan pelatihan penguatan dapat memenuhi standar kualitas, kualifikasi dan kompetensinya sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Syahbudin.

Ia menilai, dengan adanya kompetensi bagi para kepala sekolah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, membawa dampak positif untuk pendidikan di Kabupaten Bangka.

Oleh karena itu ia berharap para kepala dapat mengikuti diklat penguatan kepala sekolah dan lulus mendapatkan surat tanda tamat pendidik. 

Diklat tersebut diikuti sebanyak 82 kepala sekolah SDN dan delapan SMPN di Kabupaten Bangka. (BANGKAPOS/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved