Bahar Buasan Ingin Ekonomi Daerah Diperkuat dengan Berdayakan Potensi Sumber Daya Lokal

Perekonomian daerah harus diperkuat melalui pembangunan pariwisata, pertanian, perdagangan, perikanan, maupun investasi

Bahar Buasan Ingin Ekonomi Daerah Diperkuat dengan Berdayakan Potensi Sumber Daya Lokal
Bangkapos
Bahar Buasan berbicara entrepreneur dihadapan muda-mudi Babel 

BANGKAPOS.COM--Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Bahar Buasan mengatakan, daerah harus diperkuat untuk dapat menghadapi daya saing Indonesia dalam menghadapi iklim perdagangan internasional.

Penguatan tersebut ucapnya, dapat dilakukan melalui pembangunan perekonomian di daerah, baik dari bidang pariwisata, perdagangan, pertanian dan perkebunan, kelautan yang disebut Bahar sebagai ekonomi berbasis 3+2.

"Perekonomian daerah harus diperkuat melalui pembangunan pariwisata, pertanian, perdagangan, perikanan, maupun investasi," ujar Bahar Buasan kepada awak media.

Bahar Buasan melanjutkan, perekonomian daerah merupakan struktur dasar atas terbangunnya struktur ekonomi nasional. Dimana saat ekonomi daerah kuat, maka ekonomi nasional juga akan semakin kuat.

“Untuk menyongsong perkembangan ekonomi dimana daerah dimungkinkan langsung berinteraksi keluar, sebagai penguatan terhadap ekonomi yang kita bangun. Ekonomi harus kita bangun menjadi struktur yang kuat dan mampu bersaing, sehingga yang muncul harusnya yang unggulan,” ucapnya.

Senator asal Bangka Belitung ini menambahkan bahwa perekonomian daerah dapat dibangun melalui pengembangan potensi-potensi daerah.

Pengembangan potensi tersebut merupakan dasar pondasi pembangunan perekonomian daerah dalam menghadapi kompetisi perdagangan internasional.

Bahar Buasan menjelaskan, saat ini terjadi perang dagang antara Amerika Serikat dengan China dan beberapa negara, yang berimbas ke negara-negara lain, salah satunya ke Indonesia.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bahar Buasan mengatakan pemanfaatan potensi daerah harus dilakukan secara optimal dan menjadi pilar bagi kemajuan dan ketahanan ekonomi nasional dalam menyelesaikan atau meminimalisir dampak atas persaingan perdagangan internasional.

“DPD RI sebagai representasi daerah akan terus mengajak seluruh stake holder baik di pemerintah pusat maupun di pemerintah daerah untuk mewujudkan hal tersebut,” kata Senator asal Bangka Belitung.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved