Berita Bangka Tengah

Belum Ada Geliat Pembangunan di Pulau Ketawai, Ini Hambatannya Menurut Kepala Bappeda Bateng

Masih menunggu perda zonasi, karena daerah itu merupakan kewenangan dari Provinsi Bangka Belitung,

Belum Ada Geliat Pembangunan di Pulau Ketawai, Ini Hambatannya Menurut Kepala Bappeda Bateng
bangkapos.com
Pulau Ketawai di Desa Kurau Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka Tengah, Saifuloh Nizam, mengatakan bahwa sampai saat ini belum adanya geliat pembangunan fasilitas pariwisata di pulau Ketawai karena masih terhambatnya penyelesaian perda Zonasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Babel.

Menurutnya, wilayah laut dan pulau Ketawai, telah menjadi kewenanganya pihak Provinsi Bangka Belitung, bukan lagi di Kabupaten.

"Masih menunggu perda zonasi, karena daerah itu merupakan kewenangan dari Provinsi Bangka Belitung,"jelas Saifuloh kepada wartawan, Selasa (5/3/2019).

 Ia mengatakan sejauh ini belum ada perkembangan dan regulasi baru, yang dilakukan Pemerintah terhadap pihak pengembang yang ingin mengembangkan pulau Ketawai.

Pemkab Bateng tetap mengharapkan pulau Ketawai berkembang kedepan menjadi kawasan pariwisata.

"Sejauh ini tidak ada, mereka memahami itu, bahwa mereka harus mengikuti aturan tersebut, pulau Ketawai tetap akan dikembangkan menjadi tempat pariwisata.Ya kita harapkan bisa berkembang, kedepanya, pulau Ketawai menjadi tempat wisata,"ungkapnya

Dimana, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah telah melakukan perjanjian sewa dengan PT Ketawai Indah Resort tentang sewa tanah diatas pulau Ketawai untuk kegiatan pengembangan pembangunan pariwisata.

Pelaksanaan perjanjian itu dilakukan pada (24/6/2015) lalu. Tepatnya kurang lebih empat tahun sudah perjanjian itu berjalan dengan nilai sewa yang cukup fantastis Rp 1,9 milyar, telah dibayarkan oleh pihak swasta ke Pemkab Bangka Tengah.

Sewa pulau Ketawai disepakati selama 30 tahun dan setiap lima tahun sekali perlu dilakukan evaluasi oleh Pemkab Bangka Tengah.

Namun sudah beberapa tahun berjalan masih belum adanya terlihat geliat pembangunan fasilitas pariwisata di pulau yang dekat dengan Desa Kurau itu, dataran pulau Ketawai saat ini juga masih terlihat biasa biasa saja.(*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved