Cyber Crime Polda Bangka Belitung Terus Pantau Medsos

Kapolda: Kita aktif melakukan patroli cyber crime termasuk memantau medsos untuk kegiatan kampanye

Cyber Crime Polda Bangka Belitung Terus Pantau Medsos
ISTIMEWA
Ilustrasi baca berita dari media sosial 

BANGKAPOS.COM--Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Istiono mengatakan pihaknya melalui Subdit Cyber Crime Dirkrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung terus memantau media sosial. Terkait dengan penggunaan medsos untuk kampanye baik oleh caleg, partai maupun timses paslon pilpres. Pemantauan dengan melakukan patroli cyber crime setiap saat.

"Kita aktif melakukan patroli cyber crime termasuk memantau medsos untuk kegiatan kampanye," kata Brigjen Pol Istiono.

Dalam beberapa kasus baik hasil pemantauan tim patroli cyber crime maupun laporan masyarakat pihaknya sempat melakukan pemanggilan dan pemeriksaan. Baik mengenai dugaan ujaran kebencian maupun dugaan penyebaran berita hoaks. Namun hasilnya nihil mengarah ke pidana sehingga dilakukan pembinaan terhadap yang bersangkutan.

"Belum ada dari hasil pemeriksaan yang berlanjut karena tidak mengarah ke pidana sesuai wewenang kepolisian," kata Brigjen Pol Istiono.

Ditambahkannya Polda Kepulauan Bangka Belitung tetap berkoordinasi dengan Bawaslu dan kejaksaan jika menemukan adanya dugaan pelanggaran kampanye di media sosial melalui Gakkumdu.

Jika masuk pelanggaran ke ranah pidana maka akan ditangani oleh Gakkumdu namun jika hanya pelanggaran kampanye maka akan ditangani oleh Bawaslu.

"Tetap kita berkoordinasi karena ada Gakkumdu yang terdiri dari kepolisian kejaksaan dan Bawaslu," kata Brgijen Pol Istiono.

(Bangkapos/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved