Jadi Momok Bagi Pengendara, Begini Cara Mengatasi Rem Mobil Blong dari Mekanik

kebanyakan rem blog terjadi pada mobil-mobil yang tidak memiliki perawatan secara memadai atau tidak dipakai sesuai

Jadi Momok Bagi Pengendara, Begini Cara Mengatasi Rem Mobil Blong dari Mekanik
Bangkapos/Yuranda
Mekanik saat melakukan perbaikan rem, bangkel Johari, Jln. Jend, Sudirman Selindung Baru Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Rem blong adalah saat dimana rem tiba-tiba kehilangan kendali / kehilangan daya cengkramnya atau kemampuan menghentikan mobil. 

Hal ini sering terjadi terutama pada lintasan-lintasan yang justru berbahaya misalnya turunan panjang, curam, membawa beban berat dan lain sebagainya.

Ari Munying satu di antara mekanik bangkel Johari, Jln. Jend, Sudirman Selindung Baru Kota Pangkalpinang mengatakan, rem blong ini sebenarnya bisa kita hindari jika kita berusaha meminimalisasi penyebabnya yakni dengan cara melakukan perawatan yang berkalah dengan secara baik, pada sistem rem kita.

Ilustrasi mengerem
Ilustrasi mengerem (otomotif.net)

Karena kebanyakan rem blog terjadi pada mobil-mobil yang tidak memiliki perawatan secara memadai atau tidak dipakai sesuai spesifikasi mobil.

"Misalnya truck membawa beban berlebih dengan kecepatan tinggi, maka secara otomatis pengemudi akan mengerem sekuat tenaganya,

truk yang kurang perawatan akan menimbulkan pecahnya selang minyak rem atau ausnya, sistem rem akibat suhu yang tinggi dan menyebabkan mobil kehilangan daya remnya alias blong," kata Ari panggilan akrabnya, Selasa(5/3/2019)

Ari menjelaskan, penyebab Rem Blong ada macam-macam antara lain:

1. Minyak rem, kebocoran slang miyak rem yang berfungsi meneruskan tekanan dari pedal ke kanvas membuat pengereman sama sekali tidak berjalan jika yang terjadi adalah pecah selang. 

Jika yang terjadi adalah rembesan saja misalnya pada sil-sil atau slang maka penurunan kemampuan rem akan berkurang cukup lambat tapi berbahaya juga jika dipakai untuk menuruni bukit dan berkecapanan tinggi. 

Minyak rem kadang juga kotor atau tersumbat oleh kotoran, hal ini menjadi penyebab pengereman tidak berjalan sempurna akibat tersumbatnya aliran minyak rem ini. 

Halaman
1234
Penulis: Maggang (mg)
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved