Breaking News:

Berita Sungailiat

VIDEO: KPU Kabupaten Bangka Rapat Koordinasi Pengamanan Pemilu 2019

Posko tersebut dibuka sampai H-30 untuk melakukan rekapitulasi dan pemantapan agar tidak terjadi kesalahan jangannsampai saat pencoblosan suara..

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka membuka posko di beberapa tempat untuk menjaring pemilih-pemilih dari luar daerah yang diakomodir dalam daftar pemilih tetap tambahan agar bisa menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 saat pemungutan suara pada Pemilu nanti.

Posko itu juga digunakan untuk mengakomodir dan menampung keluhan dari masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). 

"Jangan sampai banyak orang yang melapor yang protes mengapa mereka tidak bisa milih," jelas Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Bangka Iman Supiar pada rapat koordinasi bersama stakeholder terkait pengamanan pemilu tahun 2019 di Ruang Rapat Hotel Manunggal, Sungailiat, Senin (4/3/2019 ).

Posko tersebut dibuka sampai H-30 untuk melakukan rekapitulasi dan pemantapan agar tidak terjadi kesalahan jangannsampai saat pencoblosan suara menimbulkan masalah.

Logistik Pemilu 2019 sudah mencapai 90 persen, tinggal menunggu formulir dan surat suara. Sedangkan pengepakan sudah disiapkan untuk surat suara dan formulir lainnya agar saat pada saat pemungutan suara tidak ada kesalahan dalam penempatan logistik.

"Terkait proses pendistribusian, setelah kami berkoordinasi dengan PPK dan KPPS  tentang pendistribusian logistik. Sampai sejauh ini masih dapat dikatakan dalam kondisi yang aman," ungkap Iman.

Berdasarkan pengalaman pilkada tahun 2018 lalu KPU Kabupaten Bangka kesulitan dalam penempatan logistik saat di kecamatan. Kondisi ini terjadi karena jumlah logistik yang banyak dan harus sesuai dengan prosedur.

Oleh karena itu untuk pengamanan logistik pemilu hingga proses pemungutan suara dan selesainya semua pelaksanaan pemilu, pihaknya sudah meminta ke PPK untuk bekerjasama dengan camat, kapolsek dan danramil.

"Untuk pos pengamanan di Kabupaten Bangka sejauh ini sudah berjalan dengan baik. Kami berterima kasih dari Polres Bangka sampai saat ini juga selalu mengawal dan selalu memberikan informasi kepada kami jika ada terdapat hal-hal yang akan menimbulkan terjadinya masalah," kata Iman.

Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan Setda Bangka Restunemi berharap, pelaksanaan pileg dan pilpres bisa berhasil dengan sinergitas semua stakeholder terkait.

"Proses ini tidak bisa hanya dilakukan KPU dan bawaslu saja tetapi harus bersama-sama," kata Restunemi.

Untuk itu perlu komitmen bersama dimana pengamanan pemilu kunci terakhir terpilihnya presiden dan wakil rakyat yang amanah.

Kegiatan dihadiri juga oleh Komisioner KPU Kabupaten Bangka Hartati, Cepenk Susanti dan Arsyil Aziz, Danramil Kabupaten Bangka, perwakilan dari Polres Bangka, perwakilan Bawaslu Bangka, Kejaksaan Negeri Bangka PPK se Kabupaten Bangka dan stakeholder lainnya. (BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved