Tips Motor : Pasang Airscoop Agar Mesin Tetap Dingin Terutama yang Sudah Upgrade

Buat pengguna motor matic yang mesinnya telah mengalami peningkatan kapasitas lumayan banyak, biasanya butuh pendinginan ekstra pada blok silinder dan

Tips Motor : Pasang Airscoop Agar Mesin Tetap Dingin Terutama yang Sudah Upgrade
Motor Plus
Pasang Airscoop 

BANGKAPOS.COM- Buat pengguna motor matic yang mesinnya telah mengalami peningkatan kapasitas lumayan banyak, biasanya butuh pendinginan ekstra pada blok silinder dan area head.

Nah, salah satu pembesut Yamaha NMAX yang sudah bore up mesinnya lumayan gede, bisa bikin sistem pendinganan tambahan unik nih sob!

“Memang enggak lazim sih, tapi sangat membantu dan sekaligus bisa menambah penampilan big scooter gue,” bilang Pangeran Ilham Baron, warga Villa Melati Mas, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Ide kreatif ini kata Pangeran,terinspirasi dari mobil-mobil balap.

“Pada mobil balap, umumnya bagian depannya terlihat ada semacam corong.

Nah, corong tersebut tentu fungsinya jadi semacam airscoop untuk mendinginkan beberapa area sekitaran mesin atau rem,” jelasnya.

“Part yang digunakan mudah ditemui kok. Untuk corong, kami manfaatkan velocity stack karburator dan slang dengan diameter cukup besar.

Pasang Airscoop
stephan
Pasang Airscoop

Kemudian, ujung slang diarahkan ke blok silinder atau area yang mau kita bantu dinginkan,” sergah Arie Soegiarto, teknisi  dealer Viar di Jl. Raya Fatmawati No. 33 C, Jakarta Selatan, yang dipercaya oleh Pangeran Ilham untuk membuat sistem pendingin tambahan.

Masih kata Arie yang sering disapa Arief Tossa ini, udara yang masuk pada saluran pendingin tambahan itu, memang tidak sebesar tiupan angin dari kipas radiator.

 “Tapi, ini cukup membantu mendinginkan mesin saat jalan dengan kecepatan sedang maupun kencang,” yakinnya.

Namun, pemakaian airscoop ini kudu rela menggusur salah satu parit di tebeng depan NMAX.

“Ya, karena memanfaatkan dudukan lampu sein untuk menempatkan corong penangkap angin dari depan, mau tak mau posisi sein mesti pindah.

Sein kami pindahkan ke posisi lampu senja,” tutupnya.

Gimana, mau coba? 

Sumber berita 

Editor: tidakada016
Sumber: Motor Plus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved