Hari Raya Nyepi, Lusyani Suwandi: Momen Introspeksi Diri untuk Lebih Baik

Tokoh wanita Bangka Belitung, Lusyani Suwandi mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi bagi masyarakat Hindu.

Bangka Pos
Hari Raya Nyepi, Lusyani Suwandi: Momen Introspeksi Diri Untuk Lebih Baik 

BANGKAPOS.COM -- Tokoh wanita Bangka Belitung, Lusyani Suwandi mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi bagi masyarakat Hindu. Hari ini umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1941.

"Saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Nyepi bagi masyarakat yang merayakannya," kata Lusyani Suwandi, Kamis (7/3/2019).

Lebih lanjut, Calon Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung dari Partai NasDem itu mengingatkan untuk mengambil hikmah dari perayaan Hari Raya Nyepi. Melihat kembali tentang kehidupan yang telah dijalankan.

"Kita berdoa supaya perayaan hari Nyepi kita lebih mengintrospeksi diri kita untuk kehidupan kedepan yang lebih baik," lanjut Lusyani.

Hari Raya Nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Saka yang dilakukannya oleh umat Hindu. Pada saat Nyepi tidak boleh melakukan aktivitas seperti umumnya pada hari biasa, agar tercipta suasana sepi. Maknanya, sepi dari semua aktifitas keduniawian untuk menyucikan alam semesta dan manusia.

Perayaan Hari Raya Nyepi di Bali aka akan berlangsung mulai pukul 06.00 WITA pada Kamis tanggal 7 Maret (hari ini) hingga pukul 06.00 WITA pada Jum'at tanggal 8 Maret (besok).

Pada perayaan Nyepi, umat Hindu melaksanakan Catur Brata penyepian atau empat larangan saat Nyepi. Catur Brata meliputi Amati Karya, Amati Geni, Amati Lelungaan dan Amati Lelanguan.

Pertama, Amati Karya artinya menghentikan pekerjaan apapun. Kedua, Amati Geni artisnya tidak menyalakan penerangan apapun seperti lampu maupun api. Ketiga, Amati Lelungaan artinya tidak bepergian kemanapun selama perayaan Nyepi. Dan terakhir, Lelanguan artinya larangan melakukan kesenangan yang bersifat duniawi, karena saatnya untuk merenung dan membersihkan diri menyambut tahun baru.

Tags
Nyepi
Hindu
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved