Bahar Buasan Berupaya Tingkatkan Perekonomian Nelayan Babel

Dengan luasnya titik-titik tangkap ikan. Bahar Buasan optimis nelayan bisa sejahtera di Babel ini.

Bahar Buasan Berupaya Tingkatkan Perekonomian Nelayan Babel
Bangkapos
Bahar Buasan saat melihat hasil tangkapan nelayan 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI Dapil Babel, Bahar Buasan senantiasa berupaya meningkatkan perekonomian warga Babel, tidak tertutup juga bagi para nelayan.

Hal itu ditunjukkan Bahar dengan tingginya perhatian terhadap masa depan nelayan.

Bahar sering mengunjungi langsung lokasi-lokasi pelelangan ikan dan tempat nelayan untuk mengedukasi para nelayan. Di parlemen, Bahar juga rajin mengadvokasi aspirasi nelayan dari soal kebutuhan pengembangan usaha hingga alat tangkap ikan.

"Kondisi Babel ini 80% terdiri atas perairan. Sedangkan selebihnya adalah daratan. Sudah selayaknya kita memiliki titik tangkap yang sangat banyak," kata Bahar Buasan.

Dengan luasnya titik-titik tangkap ikan. Bahar Buasan optimis nelayan bisa sejahtera di Babel ini.

"Saya optimis dengan kondisi geografis kita yang berpihak kepada nelayan, mudah-mudahan nelayan kita bisa sejahtera seiring tingkat permintaan warga juga meningkat," ujar Bahar Buasan.

Upaya senator itu dalam meningkatkan pendapatan bagi nelayan Babel yakni dengan mengedukasi para nelayan untuk mencoba mengolah hasil laut menjadi produk yang bernilai tinggi.

"Harapannya nelayan tidak langsung menjual semua ikan di pelelangan, cobalah membuat suatu kelompok, yang tujuannya membuat produk olahan makanan berbahan ikan. Agar harga jualnya meningkat," ujar Bahar Buasan.

Tujuan Bahar menyampaikan hal itu agar nilai ekonomi hasil tangkap nelayan meningkat. Dengan adanya pengolahan barang mentah menjadi barang jadi.

"Selain menambah pendapatan nelayan, adapun hasil tangkap ikan yang melimpah tidak hanya dijual dibawah standar harga, melainkan bisa diolah ikannya menjadi bahan makanan yang tahan lama, seperti kerupuk, maupun makanan lainnya," ujar senator asal Babel itu.

Menurut Bahar, dengan adanya inovasi dan kreasi yang dapat menambah hasil jual tangkapan ikan, maka tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Kita menginginkan nelayan juga sejahtera. dengan adanya inovasi pengolahan perikanan, mengolah bahan baku menjadi barang yang jadi. Harapannya ke depan tidak adalagi keluarga nelayan yang kesusahan," pungkas pria kelahiran Pangkalpinang itu.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved