Berita Sungailiat

Target 100.000 KIA, Dukcapil Bangka Masih Terkendala Blangko dan Peralatan

KIA itu wajib oleh pemerintah untuk tahun ini seluruh dukcapil kabupaten/kota melayani pembuatan

Target 100.000 KIA, Dukcapil Bangka Masih Terkendala Blangko dan Peralatan
Bangka Pos / Nurhayati
Kepala Dukcapil Kabupaten Bangka Rahmad Gunawan, 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten (Dukcapil) Kabupaten Bangka mengadakan 33.000 blangko untuk pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). 

Saat ini sudah ada sekitar 13.000 blangko KIA namun diakui Kepala Dukcapil Kabupaten Bangka Rahmad Gunawan masih jauh dari target karena harus mengejar 100.000 anak usia nol hingga 17 tahun yang memiliki KIA.

Pihaknya terkendala blangko yang terbatas dan peralatan yang hanya memiliki satu unit.

Sayangnya saat ini peralatan untuk pembuatan KIA sedang rusak.

"KIA itu wajib oleh pemerintah untuk tahun ini seluruh dukcapil kabupaten/kota melayani pembuatan Kartu Identitas Anak," jelas Rahmad saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (8/3/2019) di Kantor Bupati Bangka.

Syarat untuk pembuatan KIA di dukcapil mudah dimana orang tua hanya membawakan akte kelahiran, kartu keluarga dan untuk anak di atas lima tahun foto ukuran 3×4 dua lembar, sedangkan usia di bawah lima tahun tidak perlu menggunakan foto.

Pembuatan KIA di Dukcapil Kabupaten Bangka ini gratis tidak dikenakan biaya apapun. 

"KIA ini perlu untuk pemenuhan hak anak. Selama ini identitas untuk orang dewasa 17 tahun ke atas. Padahal diundang-undang seluruh penduduk, anak pun harus ada juga identitas yang bisa dibawa kemana-mana.

Kalau akte kelahiran kan lebar seperti ini dak mungkin dibawa kemana-mana," ungkap Rahmad.

Kartu identitas tersebut untuk seluruh penduduk termasuk anak-anak karena suatu saat nanti, KIA bisa digunakan untuk buat rekening di bank, jika naik pesawat perlu menunjukan KIA dan pembuatan dokumen lainnya.

Menurut Rahmad, khusus untuk PAUD dan TK pihaknya melayani secara kolektif sedangkan untuk pelajar SD, SMP dan SLTA silahkan datang ke kantor dukcapil untuk pembuatan KIA.

Bahkan bagi anak-anak yang sudah memiliki KIA di Kabupaten Bangka bisa mendapatkam potongan harga tiket masuk ke tempat hiburan keluarga seperti di Tirta Tapta Pemali.

"Kami sudah kerjasama salah satu contoh pembuatan KIA itu ke tempat-tempat hiburan seperti kita sudah PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan Tirta Tapta Pemali.

Anak yang punya KIA dapat potongan 50 persen. Silahkan anak-anak ke Tirta Tapta dapat diskon setengah harga," kata Rahmad.

Pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan rumah-rumah makan, toko-toko buku dan tempat wisata lainnya agar anak-anak yang memiliki KIA bisa mendapatkan potongan harga.  (BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved