Berita Sungailiat

Bulan April, Bupati Bangka Akan Mutasi Kepala OPD

Mutasi tersebut akan dilakukan setelah 17 April 2019 nanti setelah pileg dan pilres dilaksanakan.

Bulan April, Bupati Bangka Akan Mutasi Kepala OPD
bangkapos/nurhayati
Akhmad Mukhsin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Pj Sekda Bangka Akhmad Mukhsin menyebutkan Bupati Bangka Mulkan akan melakukan mutasi besar-besaran para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangka pada Bulan April 2019 nanti.

Mutasi tersebut akan dilakukan setelah 17 April 2019 nanti setelah pileg dan pilres dilaksanakan.

"Sebetulnya tidak ada ketentuan sebelum atau sesudah pemilu, yang ada ketentuan sejak dilantik itu enam bulan bupati bisa melakukan mutasi pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten tanpa persetujuan menteri dalam negeri," jelas Mukhsin kepada bangkapos.com.

Sebelumnya mutasi PNS dilakukan harus ada persetujuan mendagri. Untuk itu pada tanggal 27 September 2018 sejak dilantik hingga 27 Maret 2019 nanti sudah enam bulan bupati dan wakil bupati terpilih menjalankan pemerintahannya di Kabupaten Bangka.

"Kami akan lakukan nanti penilaian kembali. Jadi tanggal 13 sampai 16 Maret seluruh kepala OPD akan melakukan asesment ke Jatinangor dalam rangka menilai sampai dimana masing-masing pejabat yang ada eselon II dinilai. Kalau tidak efektif lagi akan dilakukan mutasi," tegas Mukhsin.

Menurutnya, bupati berupaya untuk melakukan perubahan berdasarkan kajian dari hasil asesment penilaian semua sektor di Jatinangor apakah tetap memantapkan kepala OPD di jabatan tersebut atau dimutasi ke jabatan yang lain.

Terkait mutasi para kepala OPD ia berpesan agar tidak perlu gelisah. Ia mengatakan bupati bijaksana dalam menempatkan PNS dalam jabatan.

"Dia (Bupati Bangka Mulkan-red) punya komitmen harus berada di jalur hukum yang ada, buktinya beliau tidak melaksanakan mutasi perputaran itu tanpa persetujuan menteri dalam negeri, untuk mutasi yang lalu dan yang ini dia tunggu besar-besar, yang tempo hari itu betul-betul penting untuk dilakukan pengisian tapi untuk saat ini dia tunggu sampai enam bulan dilantik baru dilakukan mutasi," jelas Mukhsin.

Ia menilai, bupati tegas dalam mengambil keputusan sehingga selaku bawahan memberikan support terhadap kebijakan yang diambil oleh bupati.

(BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved