Menakjubkan! Molekul Air Ditemukan Pesawat Antariksa NASA di Permukaan Bulan

Pesawat luar angkasa milik Badan Antariksa AS ( NASA), Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) baru saja membuat penemuan yang menakjubkan.

Menakjubkan! Molekul Air Ditemukan Pesawat Antariksa NASA di Permukaan Bulan
www.nytimes.com
Fenomena Supermoon atau Bulan Purnama 

BANGKAPOS.COM - Pesawat luar angkasa milik Badan Antariksa AS ( NASA), Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) baru saja membuat penemuan yang menakjubkan.

LRO baru saja menemukan molekul-molekul ait yang bergerak di sekitar sisi bulan. Temuan ini membuat keinginan NASA untuk membawa kembali astronot ke Bulan makin besar.

Hingga dekade lalu, para ilmuwan berpikir bahwa Bulan sangat gersang. Air hanya ditemukan sebagai kantong es di kawah teduh dekat kutub Bulan.

Namun, hal ini terbantah oleh temuan Lyman Alpha Mapping Project (LAMP), sebuah instrumen di atas LRO. LAMP berfungsi untuk mengukur molekul yang jarang ditemukan di Bulan tersebut.

Mengerikan! Laba-Laba Ini Terekam Memangsa Seekor Mamalia Hidup-hidup

Menurut laporan yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters, instrumen ini membantu peneliti mengkarakterisasi perubahan hidrasi di Bulan.

"Studi ini merupakan langkah penting dalam memajukan kisah air di Bulan dan merupakan hasil akumulasi data dari misi LRO selama bertahun-tahun," ungkap John Keller, deputi proyek LRO dikutip dari NDTV, Senin (11/03/2019).

Baru-baru ini, para ilmuwan telah mengidentifikasi air permukaan dalam populasi molekul yang terikat pada tanah bulan, atau regolith. Tetapi, jumlah dan lokasi ditemukan bervariasi berdasarkan waktu hari.

Air bulan lebih umum di garis lintang lebih tinggi. Selain itu, jumlahnya cenderung melonjak ketika permukaan Bulan memanas.

Para ilmuwan telah berhipotesis bahwa ion hidrogen dalam angin matahari mungkin menjadi sumber sebagian besar air permukaan Bulan.

Akibatnya, ketika Bulan lewat di belakang Bumi dan terlindung dari angin matahari, "keran air" pada dasarnya harus mati.

Halaman
12
Editor: Herru W
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved