Berita Pangkalpinang

BI Babel : Tarif Angkutan Udara Memberikan Inflasi Tertinggi pada Februari 2019



Inflasi pada bulan Februari 2019 ini didorong oleh beberapa komoditas bahan makanan, sedangkan tarif angkutan udara

BI Babel : Tarif Angkutan Udara Memberikan Inflasi Tertinggi pada Februari 2019


Bangka Pos / Yudha Palistian
Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Tantan Heroika 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bangka Belitung mencatat Bangka Belitung mengalami deflasi sebesar 0,61 persen dari bulan ke bulan (month to month) atau secara tahunan sebesar 3,29 persen (years on years).

Inflasi pada bulan Februari 2019 ini didorong oleh beberapa komoditas bahan makanan, sedangkan tarif angkutan udara masih memberikan sumbangan inflasi.

Demikian disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Tantan Heroika Sukmadrajat, Rabu (13/3/2019).

“Deflasi bulan Februari 2019 masih sesuai dengan pola historisnya yang juga dalam tren normalisasi beberapa bahan pangan," ujarnya.

Secara spasial, kedua kota sampel mengalami deflasi dengan Kota Tanjungpandan yang mengalami deflasi terendah.

Deflasi Kota Tanjungpandan tercatat sebesar 0,82 persen (mtm) dengan inflasi tahunan sebesar 2,98 persen (yoy).

Sementara itu, deflasi Kota Pangkalpinang tercatat sebesar 0,48 persen (mtm) dengan inflasi tahunan sebesar 3,46 persen (yoy).

Deflasi yang terjadi pada bulan Februari 2019 ini didorong oleh deflasi dari kelompok bahan makanan sebesar 3,25 persen (mtm) sehingga memberikan andil 0,89 persen.

Deflasi dari kelompok bahan makanan ini disebabkan oleh penurunan harga terutama dari sub kelompok ikan segar yang mengalami deflasi sebesar 7,21 persen (mtm), menurun dari bulan sebelumnya yang mengalami inflasi sebesar 7,11 persen (mtm) dengan komoditas ikan kerisi yang memberikan andil deflasi terbesar sebesar 0,17 persen.

Selain itu, deflasi bahan makanan juga disumbangkan oleh beberapa komoditas diantaranya daging ayam ras, cabai dan sayuran.

Halaman
12
Penulis: Yudha Palistian
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved