PLN Siap Amankan Pasokan Listrik Kunjungan Presiden RI di Babel

Seperti di Bandara Depati Amir misalnya, suplai utama menggunakan genset kapasitas 1x1.600 kW dan 2x800 kW dengan dibackup oleh tiga penyulang ekspres

PLN Siap Amankan Pasokan Listrik Kunjungan Presiden RI di Babel
istimewa
petugas PLN saat melakukan pengecekan dan simulasi pengamanan pasokan listrik 

BANGKAPOS.COM--PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung siap amankan pasokan listrik selama kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Bangka pada Kamis (14/03).

Ada lima titik yang menjadi prioritas pengamanan pasokan listrik, yaitu Bandara Depati Amir, GOR Sahabudin, STMIK Atma Luhur, Kantor Bangka Pos, dan Rumah Makan Gale-Gale.

Masing-masing lokasi mendapat pasokan listrik sebanyak dua sampai tiga lapis dan petugas siaga. Suplai utama tetap menggunakan genset, kemudian dibackup oleh penyulang ekspres PLN dan unintrerupable power supply (UPS).

“Seperti di Bandara Depati Amir misalnya, suplai utama menggunakan genset kapasitas 1x1.600 kW dan 2x800 kW dengan dibackup oleh tiga penyulang ekspres serta dijaga oleh petugas siaga di lingkaran ring 1” Jelas General Manager PLN UIW Bangka Belitung, Abdul Mukhlis.

Kemudian untuk lokasi GOR Sahabudin, suplai utama didukung oleh genset kapasitas 2x25 kW dan 2x100 kW dengan dengan back up UPS kapasitas 200 kVA dan genset kapasitas 114 kVA.

Sementara di SMIK Atma Luhur listrik disuplai oleh genset kapasitas 75 kVA, 2x25 kVA, 100 kVA, dan 85 kVA dengan dibackup oleh dua penyulang PLN.

Untuk kantor Bangka Pos suplai utama menggunakan dua penyulang PLN dan dibackup menggunakan genset kapasitas 135 kVA. Terakhir di lokasi rumah makan Gale-Gale supli utama menggunakan genset milik pelanggan dengan dibackup oleh genset PLN kapasitas 114 kVA dan 200 kVA.

Selama kunjungan tersebut, PLN menerapkan siaga kelistrikan dengan menyiapkan 270 petugas siaga 24 jam, standart operating procedure (SOP) dan simulasi switching supali listrik apabila terjadi gangguan pada suplai utama di masing – masing titik.

Uji switching dilakukan mulai dari pukul 23.00 WIB tadi malam hingga pukul 06.00 WIB pagi tadi.

“Alhamdulilah semua tahap uji selesai dan berjalan lancar, dari simulasi yang kita lakukan apabila terjadi gangguan pada suplai utama maka backup suplai yang kami siapkan dapat langsung masuk dalam waktu kurang dari tiga detik” Imbuh Mukhlis.

Selain itu, PLN juga telah melakukan pengecekan intensif pada instalasi – instalasi pelanggan di kelima titik kunjungan Presiden. “Instalasi pelanggan juga tak luput kami periksa satu per satu dan dilakukan penggantian apabila ada peralatan listrik yang usang” tutupnya.(*)

Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved