Jokowi ke Bangka

VIDEO : Joko Widodo Resmikan Bandara Depati Amir dan KEK Tanjung Kelayang Babel

Presiden mengatakan, dirinya juga sudah memerintahkan untuk membangun bandara di sayap kiri. Pembangunan ini nantinya akan menambah kapasitas bandara

BANGKAPOS.COM, BANGKA-  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Tiba di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (14/3/2019). Didamping Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Menhub RI Budi Karya Sumadi, Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan sejumlah pejabat lainnya, orang nomor satu di Indonesia itu langsung menandatangani prasasti peresmian Bandara Depati Amir dan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Kelayang di area Check in bandara Depati Amir.

Pada sesi doorstop bersama wartawan, Presiden Jokowi mengatakan, bandara Depati Amir sudah sangat representatif. Kapasitas bandara saat ini disebut adalah 1,5 juta penumpang, tetapi penumpangnya sudah lebih dari 2 juta.

"Sehingga ini dibangun lagi, di sayap bagian kanan sana. Dibangun untuk kapasitas 3 juta. Kami harapkan insyallah nanti di 2020, selesai," kata Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan, dirinya juga sudah memerintahkan untuk membangun bandara di sayap kiri. Pembangunan ini nantinya akan menambah kapasitas bandara menjadi 5 juta penumpang.

"Karena kita harus mendahului pertumbuhan penumpang yang sangat baik di Bangka Belitung ini. Dan kami harapkan, siapnya sarana terminal di bandara Depati Amir, wisatawan akan semakin banyak datang ke kawasan ini. Karena di sini ada KEK Tanjung Gunung, Tanjung Kelayang juga, sehingga...perlu disiapkan, diharapkan ekonomi bisa tumbuh," katanya.

Presiden Jokowi bilang dengan adanya KEK Tanjung Kelalayang, pendapatan asli daerah bisa naik hingga 300 persen. Itu berdasarkan laporan Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

"Ini dampak dari pariwisata, kelihatan sekali," ucap Jokowi.

Terkait harga tiket yang mahal, Presiden Jokowi bilang hal ini terjadi tidak hanya di Bangka Balitung. Melainlan juga di semua provinsi di Indonesia.

"Ini sedang diusahakan Pak Menteri Perhubungan," katanya.

Presiden Jokowi juga mengatakan, masih ada urusan pembebasan lahan pada dua usulan KEK di Babel lainnya, yakni usulan KEK Pantai Timur Sungailiat dan usulan KEK Tanjunggunung.

"Nanti kalau selesai akan kami tandatangani, secepat-cepatnya, karena peminat investasi di sana sudah ada. Yang di Tanjung Kelayang, Sheraton sudah masuk. Sofitel akan masuk, Mgallery j7ga sudah akan masuk, tinggal proses adminsitratif," katanya.

"Ini terus diproses. Di Tanjung Kelayang, 9 Triliun kita dapat, dan di KEK berikutnya juga akan masuk," ucap Jokowi lagi.

Seusai meresmikan KEK Tanjungkelayang dan Bandara Depati Amir, Presiden Joko Widodo dan rombongan langsung bergerak ke GOR Sahabudin untuk agenda membagikan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. (BANGKAPOS.COM / dedyqurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved